11 Sep 2017 12:36

JS Siapkan Insentif untuk Usia di Atas 65 Tahun

MyPassion
BERTEMU: Di sela kunjungannya di Touluaan Selatan, James Sumendap bertatap muka dengan lansia.

MITRA—Bupati Mitra James Sumendap (JS) bertatap muka dengan lansia rayon Mitra. Pertemuan ini digelar di Gereja GMIM Kalvari Kalait, Jumat (8/9) pekan lalu. JS mengatakan, program insentif 65 tahun ke atas dibuat agar lansia bukan menjadi peminta-minta. "Agar tidak mudah terbeli harga diri, lansia tetap berwibawa. Karena lansia lewat keterbatasannya disebabkan faktor usia, juga pemberi nasehat dan contoh bagi anaknya, juga masyarakat," jelasnya.

Menjaga harga diri lansia yang adalah panutan menjadi tanggung jawab pemerintah. "Kepada siapa lagi kita meminta nasihat kalau tidak ada orang tua. Yang saya inginkan agar lansia menikmati masa tua dengan bahagia. Peringatan bagi anak dan keluarga agar jangan sekali-kali menelantarkan orang tua. Karena lansia sebagai sumber inspirasi. Satu yang saya minta kepada lansia agar mengajarkan kepada anak-anak tahu berterima kasih.  Saya memberikan apresiasi atas semangat lansia dan akan selalu menopang seluruh kegiatan lansia," jelas JS. 

Sementara itu Dinas Sosial melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Resos) Joklin Waas membeberkan, pendataan sudah sementara dilakukan. "Saat ini pendataan sudah sementara kami lakukan. Lansia yang terdata ini akan menerima insentif," bebernya.

Lanjut Waas, dalam melakukan pendataan lansia Dinsos berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). "Diharapkan nanti agar data lansia yang dikumpulkan bisa akurat. Karena kemungkinan banyak lansia yang terdata sudah meninggal dunia," terangnya. (ctr-22/gel)

Kirim Komentar