11 Sep 2017 12:39

DAU Dikurangi 9 M, Pemkab Pangkas TKD

MyPassion
Edwin Roring

SANGIHE— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe mendapatkan pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat sebesar Rp 9 miliar. Hal ini diungkapkan  Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Edwin Roring SE ME.

Menurut Roring, penyesuaian atau pengurangan bukan disengaja. “Dengan adanya pengurangan DAU, Pemkab harus mengambil langkah penyesuaian anggaran lewat pengurangan dana dimasing-masing SKPD,” ungkap Roring.

Mantan Kasatpol PP Provinsi Sulut itu berharap, SKPD dapat memahaminya, apalagi pengurangan DAU tidak hanya terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, tapi berlaku hampir disemua daerah di Indonesia.”Masih mendingan kita di Sangihe hanya berkurang Rp 9 miliar. Sebab dibeberapa daerah lainnya ada yang jauh lebih tinggi dikurangi DAU mereka,” bebernya.

Dia menambahkan, mau tak mau harus dilakukan penyesuaian anggaran. Namun pengurangan anggaran yang akan dilakukan disetiap SKPD bersifat ringan yang sedikit mempengaruhi SKPD. “Kegiatan yang lebih mengarah pada realisasi program yang bersifat prioritas dan penting tetap akan dipertahankan,” katanya.

Dia mengungkapkan, salah satu item yang bakal mengalami penyesuaian atau pemotongan adalah yang bersentuhan dengan kepentingan Aparat Sipil Negara (ASN), yakni Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang notabene kerab menjadi harapan para ASN dalam memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari.”Penyesuaian selain diberlakukan pada program-program SKPD, juga tunjangan kinerja daerah,” tutup Roring.(ctr-17/ite)

Kirim Komentar