09 Sep 2017 12:16
Target Akhir Tahun Selesai Dibersihkan

Eceng Gondok Tutupi DAS Tondano

MyPassion
DIBERSIHKAN: Bupati JWS memantau langsung pengangkatan eceng gondok di DAS Tondano di Kelurahan Toulour, Kecamatan Tondano Timur, kemarin (8/9). Foto: Foggen/MP

MINAHASA - Penyebaran eceng gondok terus menutupi permukaan Danau Tondano. Gulma tanaman yang bisa dikategorikan hama ini bahkan sering membuat nelayan terjebak di tengah danau. Selain menutupi permukaan danau, angin kencang membuat eceng gondok hanyut hingga ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano. Sejumlah tindakan pembersihan eceng gondok pun dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Salah satunya dengan menurunkan 3 unit ekskavator dan 3 tongkang untuk mengeruk eceng gondok baik di danau maupun di DAS Tondano. "Secara keseluruhan ada tiga unit ekskavator yang diturunkan untuk mengangkat eceng gondok," kata Bupati Jantje Wowiling Sajow (JWS) yang turun langsung memantau pembersihan eceng gondok di DAS Tondano di Kelurahan Toulour, Kecamatan Tondano Timur, kemarin (8/9).

Penyelesaian eceng gondok ini, lanjut JWS, akan dikebut sampai akhir tahun. "Targetnya tiga bulan kedepan, DAS Tondano bersih dari eceng gondok," ujar JWS. Selain di DAS, lanjutnya, pengangkatan eceng gondok juga dilakukan di sejumlah wilayah lainnya di Danau Tondano. "Memang ada sejumlah warga yang menolak eceng gondok di wilayahnya diangkat, karena menurut mereka, hal ini akan mengganggu ikan yang dipelihara," kata JWS.

Jadi, tambahnya, pihak Pemkab akan membuat zonasi terkait pembersihan eceng gondok di DAS Tondano. "Jadi solusinya kita buat zonasi, daerah mana yang masyarakatnya tidak menolak dan kita angkat, sehingga secara umum tidak mengganggu aktifitas nelayan lainnya," pungkasnya.

Sementara, sejumlah warga di Kelurahan Tolour mengaku senang karena adanya perhatian pemerintah terkait penanggulangan eceng gondok. "Karena akhirnya eceng gondok sudah mulai di angkat," ujar Charles Rambitan, warga setempat.  Dia pun mengaku bersyukur karena Pemkab Minahasa telah mulai membersihkan eceng gondok di DAS Tondano. "Tentunya, saya mewakili warga di sini mengucapkan terima kasih, atas kepedulian Pemkab Minahasa, khususnya Pak Bupati yang sudah turun langsung melihat kondisi DAS dan melakukan upaya penanganan eceng gondok ini," tutup Rambitan. (***)

Kirim Komentar