09 Sep 2017 10:46
Tersisa 697 Orang, Dua Meninggal

25 September Jamaah Haji Tiba di Manado

MyPassion
Ilustrasi

MANADO – Sekira 40 hari lamanya jamaah haji melaksanakan ibadah di tanah suci Mekkah. Bahkan tidak lama lagi mereka akan tiba di Kota Manado. Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Sulut Hi Abdul Aziz Tegela mengungkapkan, jamaah haji akan tiba di Manado 25 dan 27 September. “Insyalah jika tidak ada halangan keberangkatan, mereka akan tiba sesuai jadwal yang ditentukan. Semoga sampai tiga pekan ke depan semua jamaah haji Sulut dalam keadaan sehat,” ucapnya.     

 

Dijelaskannya, keberangkatan jamaah haji dari tanah suci menuju tanah air dilakukan bertahap seperti saat berangkat. Untuk kloter 12 akan tiba di Embarkasi Balikpapan pada 24 September. Kemudian akan tiba di Manado 25 September sekira pukul 06.00 Wita. “Sedangkan untuk kloter 13 tiba di Embarkasi Balikpapan 26 September. Kemudian tiba di Manado 27 September sekitar pukul 06.00 Wita,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sistem dan Informasi Haji Is Mudjiono membeberkan, untuk sisa jamaah haji sekarang tinggal 697 orang dari total sebelumnya sebanyak 700 orang. “Ini semua di luar rencana manusia. Sebenarnya total jamaah haji se-Sulut ada 700 orang ditambah 15 orang yang dimutasi. Namun, sisanya sekarang tinggal 697 orang jamaah haji. Karena ada satu jatuh sakit dan dua meninggal,” beber Mudjiono.

Diungkapkanya, pulang dari tanah suci jamaah haji hanya diperkenankan membawa tas paspor, tas tentengan (tas kabin, red) maksimal 7 kg, koper atau bagasi maksimal 32 kg. Bila lebih, segera dikirim melalui jasa cargo. “Kemudian perusahaan penerbangan hanya akan mengangkut tas tentengan dan koper diberikan jamaah haji,” urainya.

Ditambahkan, selama penerbangan jamaah haji juga dilarang membawa cairan melebihi 100 ml dalam tas tentengan kecuali obat-obatan. Bahkan benda yang mengandung aerosol, gas, magnet senjata tajam. “Mainan yang menggunakan baterai segera dikeluarkan. Jamaah dilarang memasukkan air zamzam dalam koper. Selain itu, jamaah dilarang membawa parfum melebihi 10 buah atau 100 ml,” pungkasnya. (ela/ite)

Kirim Komentar