07 Sep 2017 13:48

Pemadaman Listrik Hambat Pekerjaan

MyPassion

MANADOPOST- Masalahan listrik padam masih menjadi persoalan serius di Kabupaten Bolsel. Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Dukcapil) Gunawan Otuh mengungkapkan, pemadaman listrik yang tidak menentu waktunya membuat pekerjaan di Dukcapil sering terbengkalai. "Perekaman E-KTP dan pengurusan dokumen lain selalu terlambat karena listrik yang sering padam. Bahkan ada beberapa barang elektronik kita yang hangus karena litrik yang tidak stabil," kata Gunawan.

 

Hal yang sama dirasakan Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Cymmy Wua. Menurutnya, saat ini listrik di Bolsel tidak stabil. "Imbasnya segala pekerjaan di kantor bupati jadi terhambat. Paling parah itu kalau malam hari, kompleks perkantoran harus ada lampu karena banyak aset berharga disimpan di kantor. Itu sebabnya bapak bupati memberikan jalan keluar, kompleks perkantoran akan menggunakan penerangan solar cell," kata Cimmy.

Dijelaskannya, saat ini solar cell sudah terpasang di enam titik dalam kawasan perkantoran. Walaupun listrik padam, kompleks perkantoran akan tetap terang. “Selain itu solar cell juga praktis dan hemat. Sebab kita tidak perlu menggunakan listrik, karena memang dayanya  diserap lewat sinar matahari. Dengan begitu Pemkab akan lebih menghemat pengeluaran pembayaran listrik," ucap mantan Kabag TUP ini.

Lanjutnya, pemasangan solar cell anggarannya dibiayai ABPD-P 2017 dengan anggaran Rp 150 juta. Ini merupakan solar cell keluaran terbaru. “Sistem operasinya sudah canggih. Cukup menggunakan handphone (Hp) android saja. Setiap lampu nomor ponsel dan password berbeda, jadi melalui ponsel kita bisa menyalakan lampu kapan saja," jelas Cymmy. (tr-04/ite)

Komentar
Kirim Komentar