07 Sep 2017 13:44

Lanal Melonguane Punya Kapal Patroli

MyPassion
AMANKAN PERBATASAN: Bupati Sri Wahyumi Manalip bersama Danlanal Melonguane Letkol Marinir Moh Maftukin dan undangan memecahkan kendi sebagai tanda penyambutan Kapal Angkatan Laut bernama (KAL) Pulau Karakelang. Foto: Fikantri Kaesang

TALAUD—Lanal Melonguane kini miliki kapal patroli. Dengan panjang delapan meter dan lebar 5,8 meter siap amankan daerah perbatasan. Pukul 10.00 Wita, di dermaga Melonguane digelar acara penyambutan Kapal Angkatan Laut bernama (KAL) Pulau Karakelang 1-8-30 dan Pengukuhan Tim Gerak Cepat/EFQR (Eastern Fleet Quick Response). Dihadiri langsung Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip.

 

Setibanya di Melonguane, dilakukan penyambutan dengan tarian adat dan pengalungan bunga kepada Komandan KAL Pulau Karakelang Kapten Laut (P)  Idul Fahirun. Dilanjutkan dengan laporan resmi dari Komandan KAL kepada Danlanal Melonguane.

Kedatangan KAL Pulau Karakelang dan pengukuhan tim EFQR merupakan pengajuan dari Danlanal Melonguane kepada Pangarmatim agar TNI AL di Talaud dapat meningkatkan pengamanan di wilayah perairan perbatasan Indonesia dengan melakukan operasi laut dan patroli terbatas. Danlanal Melonguane Letkol Marinir Moh Maftukin mengatakan, kondisi geografis di Talaud yang 97 persen lautan, mengharuskan adanya sarana transportasi yang memadai untuk memaksimalkan pengamanan.

"Kami (Lanal Melonguane, red) tentu tidak bisa beroperasi kalau tidak didukung transportasi yang baik. Bagaimana bisa mengawasi kalau tidak miliki kapal? Itulah yang saya sampaikan kepada Pangarmatim. Dan sekarang permintaan tersebut dipenuhi," ujarnya.

Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) mengaku hampir tidak percaya, Talaud kini miliki kapal patroli sendiri. "Lanal Meloguane hebat. Alat transportasi untuk pengamanan laut kini semakin banyak, canggih dan modern. Semua diadakan guna menunjang operasi pengamanan daerah perbatasan. Bukti dari keseriusan dan perhatian mengamankan masyarakat Talaud. Sekiranya juga kapal ini dapat membantu pemerintah daerah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di pulau-pulau kecil," katanya.

Penerimaan KAL Pulau Karakelang dilakukan secara simbolik melalui kata-kata adat dari Tetua Adat, kegiatan doa, dan pemotongan pita oleh Bupati Talaud. Pukul 11.00 Wita, bupati dan Forkopimda on board di KAL Pulau Karakelang dan dilanjutkan dengan joy sailing memutari Pulau Sara'a Selain itu, dilakukan demo pembebasan sandera di KAL Pulau Karakelang oleh EFQR Lanal Melonguane.

Sekkab Adolf Binilang beserta jajaran, pimpinan DPRD George Rompah dan Gunawan Talenggoran, Pabung Kodim 1301/Satal Mayor Sigfried Panaha, Kasi Intel Kejari Melonguane Hengki Kaendo, Branch Manager Bank SulutGo cabang Melonguane Oske Kaligis, Kabandara Fanani Zufri, Manager Wings Air Alfian Sumolang, perwakilan Kapolres Talaud bersama para Kapolsek, juga sekira 150 ASN serta prajurit Lanal Melonguane hadir dalam kegiatan penyambutan.(cw-02/gel)

Kirim Komentar