06 Sep 2017 12:56
Siap Bangun Pabrik Es

Pengusaha Melbourne Lirik Perikanan Talaud

MyPassion
BERBINCANG: Para bule melihat hasil tangkapan nelayan Desa Bowombaru. Dari kiri Syah Reza, Rodney, Chris Pappas, Anthony Scholten dan Michael Scholten saat berada di pelabuhan tradisional Nelayan Bowombaru, kemarin. foto: Fikantri Kaesang/MP

TALAUD—Pengusaha dari Melbourne Seafood Distribution, Australia, kembali kunjungi Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (4/9). Tujuannya untuk meninjau dan mempersiapkan rencana investasi. "Kami kembali datang ke Talaud. Mau lihat-lihat lagi potensi perikanan di sini. Secepatnya kami mau langsung beli ikan di sini untuk dikirim ke Melbourne," ujar Anthony Scholten. Untuk menjaga kualitas ikan, pengusaha yang kini telah mendapat izin tinggal tetap di Indonesia ini, akan membangun pabrik es untuk para nelayan.

Sebab sekarang nelayan Talaud kebanyakan masih menggunakan es rumahan untuk mendinginkan hasil tangkapan. Keterbatasan es rumahan yakni tak bertahan lama sehingga dapat mengurangi kualitas ikan. "Kami juga mau bangun pabrik es batu untuk warga. Digunakan agar kualitas ikan tidak turun. Tuna, kakap merah, ikan layar adalah beberapa hasil laut yang kami mau. Potensi sektor perikanan di Talaud tidak diragukan lagi," kata Anthony. Sembari berharap agar segala proses dapat dipermudah dan berjalan lancar. Chris Pappas, Michael Scholten, Syah Reza, Rodney, merupakan rombongan dari Melbourne Seafood Distribution, Australia.(cw-02/gel)

Komentar
Kirim Komentar