06 Sep 2017 12:40

3.500 Nelayan di Sangihe Dilindungi Asuransi

MyPassion

SANGIHE—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe mulai menyalurkan 3.500  kartu nelayan. "Kartu ini disalurkan kepada masyarakat nelayan yang sudah terdata memiliki kartu nelayan dan memenuhi syarat ketentuan sebagai penerima asuransi sesuai aturan yang berlaku," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sangihe Ir Feliks Gaghaube .

Menurut Gaghaube, penyaluran kartu asuransi nelayan merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup nelayan Sangihe."Sebab sangat jelas jaminan yang diberikan pemerintah melalui klaim asuransi tersebut. Sehingga semua aktivitas nelayan Sangihe benar-benar terlindungi oleh pemerintah melalui asuransi nelayan ini," tambahnya.

Lanjut dia, sesuai usulan Pemkab Kepulauan Sangihe tahun anggaran 2017 telah mengusulkan 4.700 nelayan untuk mendapatakan asuransi.  Namun baru disetujui pemerintah pusat 3.500 nelayan."Kita tetap berupaya akan melakukan lobi penambahan kuota nelayan, supaya bisa mendapatkan asuransi pada tahun anggaran mendatang, sehingga semua nelayan yang berhak mendapatkan asuransi akan terdata," tutur Kadis.


Dijelaskannya, asuransi ini memiliki premi sebesar Rp 175 ribu per orang setiap tahun yang nantinya akan dibayarkan oleh pemerintah. Namun memiliki manfaat yang akan diterima nelayan mencapai ratusan juta (lihat grafis)."DKP Sangihe siap memfasilitasi nelayan ketika melakukan klaim terhadap asuransi nelayan ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan terjadi," tutup Gaghaube. (ctr-17/ite)

Komentar
Kirim Komentar