05 Sep 2017 13:44
Minta Dibangun Pemprov

Jembatan di Talaud Banyak Rusak, Butuh Rehabilitasi

MyPassion

TALAUD—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut diharapkan segera membangun jembatan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dari data menyatakan, masih banyak jembatan rusak berat. Bahkan ada wilayah yang belum miliki jembatan. "Di ruas jalan Lirung Balang (LU) ada  22 titik belum miliki jembatan.

Sementara ada tiga jembatan rusak berat dan 11 jembatan rusak ringan. Kondisi jembatan yang menjadi tanggungan provinsi ini sudah banyak rusak. Selain ruas jalan Lirung Balang yang berada di Pulau Salibabu, ada juga di wilayah lain. Ini data yang ada sekarang," ujar Kepala Dinas PU melalui Staf Bidang Bina Marga Karunia Sampini, Senin (4/9) kemarin.

Memang kata Sampini, data yang dimiliki Dinas PU kabupaten kemungkinan tidak sama dengan yang dimiliki provinsi. "Kalau ada pembangunan jalan maupun jembatan dari pihak pemerintah Provinsi, tidak ada yang memberitahukan kepada kami. Setidaknya kalau diberitahu, kami bisa memperbaharui data dan informasi," katanya.

Menyikapi masalah ini, Ketua Komisi II DPRD Talaud Didimus Parapaga mendorong peningkatan infrastruktur di daerah ini, yang masih banyak jembatan rusak parah. "Masyarakat di Kecamatan Kalongan meminta adanya pembangunan jembatan di wilayahnya. Sebab menjadi akses jalan yang sangat dibutuhkan masyarakat setempat. Ada juga yang prioritas di ruas jalan Lirung-Musi, dekat pelabuhan feri, puncak antara Lirung Balang. Berhubung jembatan tersebut menjadi tanggungan pemerintah provinsi, sekiranya tahun ini bisa dibangun," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Sulut Steve Kepel menyatakan, dalam APBD Perubahan 2017 sudah dianggarkan pembangunan dan rehabilitasi jembatan di Talaud. “Itu menjadi salah satu program prioritas Pemprov di APBD-P. Jadi, tenang saja. 2017 ini jembatan tanggungan provinsi akan dibenahi,” pungkas Kepel.(cw-02/gel)

Komentar
Kirim Komentar