05 Sep 2017 13:22

Delapan Pasar di Mitra Koleksi 954 Pedagang

MyPassion

MITRA—Delapan pasar beroperasi di Kabupaten Mitra. Dari data yang dihimpun, delapan pasar tersebut mengoleksi 954 pedagang (lihat grafis). Menurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Marie Makalow jumlah pedagang sewaktu-waktu dapat berubah. "Para pedagang yang berjualan menggunakan jadwal. Setiap pasar biasanya hanya tiga kali beroperasi dalam seminggu. Sehingga pedagang yang sudah terdata di pasar yang satu, berpindah berjualan di pasar lain," ujar Makalow.

 

Pemerintah sudah mengupayakan pasar beroperasi tiap hari. "Namun semua tergantung pedagang. Kebanyakan memilih tidak menetap di satu pasar," ujarnya.

Untuk saat ini, dari delapan pasar yang beroperasi, Pasar Ratatotok terbilang masing baru. “Paling ramai Pasar Rakyat Tombatu. Pedagang mencapai 291. Itupun yang hanya masuk di lokasi pasar. Belum yang berjalan hingga ke jalan di luar pasar," katanya.

Untuk pasar lain, lanjutnya, kebutuhan lapak sangat mencukupi. "Tiap pasar masih mampu menampung jumlah pedagang. Baik mulai dari kios pelataran, hingga los," bebernya. Rencananya tahun depan, akan segera mengoperasikan beberapa pasar lagi. "Yaitu Tombatu Timur, Belang, Minanga,  serta Touluaan Selatan," ujarnya.

Jainudin Mukraimin pedagang cabai asal Langowan mengatakan, dia memilih Pasar Raya Tombatu dikarenakan jumlah pembeli banyak. "Namun kadang saya berpindah berjualan di Pasar Ratahan," ujarnya.(ctr-22/gel)

Komentar
Kirim Komentar