31 Agu 2017 12:32

Pertama di Indonesia, Pasar Online Dilaunching Oktober

MyPassion

BITUNG—Pasar tradisional online akan diterapkan di Bitung. Rencananya akan dilaunching bertepatan HUT Bitung, Oktober mendatang. Dengan aplikasi berbasis android atau IOS itu, masyarakat bisa berbelanja kebutuhan pokok. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan Bitung Benny Lontoh, kemarin.

 

Menurut Lontoh, ini adalah terobosan yang bisa menjadi alternatif berbelanja untuk masyarakat. “Jadi masyarakat bisa membeli barito dan kebutuhan pokok lainnya di 11 pasar di Bitung hanya lewat aplikasi,” katanya.

Lanjut mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Bitung ini, tim Dinas Perdagangan sudah dibentuk untuk merancang program tersebut. "Pilot project pasar tradisional online ini pertama kali di Sulawesi Utara bahkan Indonesia," kata Lontoh.
Tambahnya, untuk awal, baru lima pasar yang akan diterapkan aplikasi tersebut dari 11 pasar yang ada.

“Uji coba akan dilakukan di Pasar Sagerat dan jika berhasil, maka akan diteruskan di pasar-pasar lain," tambahnya.
Menurut dia, aplikasi ini juga akan menjadi solusi untuk masyarakat yang engan ke pasar tradisional karena becek atau kesibukan. “Karena bisa membeli semua produk pasar tradisonal tanpa harus ke pasar,” katanya.

Di tempat terpisah, Farid Arifin, salah satu pedagang Pasar Sagerat mengungkapkan, tidak masalah dengan program aplikasi tersebut. “Sah saja, jika itu tidak merugikan kami sebagai pedagang," singkatnya. (ctr-17/can)

Berita Terkait
Komentar
Kirim Komentar