31 Agu 2017 09:59

1.045 Hewan Dikurbankan di Idul Adha

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Sebanyak 1.045 hewan akan dikurbankan pada perayaan hari raya Idul Adha di Sulut, Jumat (1/9) esok. Terdiri atas Manado 596 hewan kurban, Bolmong Utara 192, Kotamobagu 134, Bolsel, 56, Mitra 56, Pemprov 10, dan sumbangan pemerintah pusat 1 hewan.

Khusus di Manado, sebanyak 541 ekor sapi dan 55 ekor kambing siap dikurbankan di 203 masjid. Ketua Umum Pengurus Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kota Manado Hi Amir Liputo SH menerangkan, jumlah hewan kurban semakin meningkat setiap tahunnya. “Itu menandakan semakin banyak jamaah yang mau berkurban. Dengan begitu, tidak ada lagi masjid yang mengeluh karena tidak mendapatkan hewan kurban. Karena masing-masing kecamatan sudah ada jatah yang diberikan,” tukas Liputo.

Di lain hal, Liputo meminta kepada 135 khatib, serta 135 imam dan penanggung jawab lokasi diminta untuk memperhatikan beberapa hal. Di antaranya, shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 H/2017 dimulai serentak di 21 lokasi pada pukul 07.00 Wita.

Diterangkan Liputo, di Kecamatan Wenang ada sembilan masjid, Kecamatan Wanea tujuh masjid, Kecamatan Tikala 11 masjid, Kecamatan Paal Dua 20 masjid, Kecamatan Mapanget 12 masjid, Kecamatan Singkil 24 masjid, Kecamatan Tuminting 26 masjid, Kecamatan Bunaken dan Bunaken Kepulauan 21 masjid, dan Kecamatan Malalayang 10 masjid,” urai Liputo.

Lanjutnya, materi khotbah di shalat Idul Adha berisi ajakan persatuan dan kerukunan. Disesuaikan dengan kondisi bangsa dan negara saat ini. Dan tidak menyinggung masalah khilafiyah maupun isu politik,” bebernya.

Diharapkannya, di hari raya Idul Adha yang tinggal sehari lagi, semua umat Muslim dapat memaknainya dengan sungguh-sungguh. “Artinya Idul Adha bagi umat Muslim ini bukan hewannya yang dikurbankan. Tapi bagaimana kita sebagai umat Muslim dapat berkurban perasaaan. Seperti saling memberi, saling menerima, saling menjaga, dan tidak mudah terprovokasi antara umat satu dengan lainnya. Dengan begitu kita dapat berkurban untuk orang lain,” imbuh Liputo.

Sementara itu, Imam Masjid Jabal Rahmah Paal 2 Zainal Abidin mengungkapkan, untuk hari raya Idul Adha akan menyembelih dua ekor sapi dan satu ekor kambing. “Hewan tersebut berasal dari warga sekitar yang dikurbankan. Nantinya setelah disembelih pada saat Idul Adha, dagingnya akan dibagikan kepada mereka yang berhak,” tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar