30 Agu 2017 11:33

Belajar Pertanian Organik, Pemkab Kunker ke Korsel

MyPassion
Edwin Roring

TAHUNA— Untuk meningkatan pertanian di Kabupaten Sangihe, pemerintah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Negara Korea Selatan (Korsel). Rombongan yang dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Edwin Roring, berangkat Selasa (29/8), malam, dari Kepulauan Sangihe.

Sekkab ketika dihubungi, kemarin, mengatakan, perjalanan ke negara ginseng itu sebagai studi banding untuk penerapan pertanian organik. “Dalam kunjungan ini, kita akan terapkan apa yang diperoleh di Negara Korsel nanti. Apalagi kalau berbicara mengenai pertanian organik.  Kita perlu melakukan studi banding ke negara yang maju seperti Korsel,” ungkap Roring.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sangihe Ir Mathilda Lumeling menjelaskan, Kunker ke Korsel untuk memenuhi undangan dari pemerintahan Korsel bagi delapan Daerah di Indonesia, guna mendorong pengembangan pertanian organik. Karena itu, pemerintah bekerja sama dengan Asocation Local Goverment Organic Agriculture (ALGOA).“Perlu dijelaskan bahwa kunjungan ke Korsel merupakan undangan dari pemerintahan di sana bagi delapan daerah di Indonesia termasuk Sangihe bekerja sama dengan AlGOA," jelasnya.

Nantinya hasil yang diperoleh di Korsel kata Lumeling, akan diterapkan di daerah masing- masing. "Ini merupakan kehormatan bagi Kabupaten Sangihe, karena baru kali ini mendapat kesempatan dan di undang langsung pemerintah Korsel,” pungkas Lumeling. (ctr-17/ite)

Kirim Komentar