30 Agu 2017 11:04

Amphitheater di Tomohon Jorok dan Berbau

MyPassion
TAK TERAWAT: Hampir seluruh sudut ruang di Amphitheater Kelurahan Woloan Satu tampak kotor dan berbau.

TOMOHON— Amphitheater Kelurahan Woloan Satu tampak tak terawat. Sebab itu, objek wisata baiknya dipelihara secara konsisten. Karena, dampaknya besar. Bukan hanya pengelolanya, tapi juga masyarakat sekitar.

 

“Kan kalau banyak pengunjung, kami di sini juga terkena biasnya. Yang lalu, kalau ada acara, warung-warung kecil di sini banyak yang datang beli,” ujar salah satu warga Kelurahan Woloan Satu.

Hal ini diungkapkannya, karena melihat kondisi Amphitheater-salah satu objek wisata di Kelurahan Woloan 1, tampak tidak terurus. Katanya, jika terawat baik, dapat menjadi objek wisata unggulan. “Karena, banyak suguhan yang diberikan bagi wisatawan. Baik sejarah, maupun panorama alam yang memukau,” katanya.

Dari pantauan, sejumlah ruang Amphitheater kotor dan berbau. Ruang bawah penuh debu. Beberapa lemari kaca, pecah. Piring-piring tradisional khas Suku Minahasa hancur. 

Selain itu, ruang atas yang mirip balkon, juga berbau tak sedap. Dindingnya penuh coretan, ulah orang tidak bertanggung jawab.

Penjaga Amphitheater Didi Karundeng mengakui, sejak didirikan, sudah kurang terawat. “Meski begitu, banyak wisatawan yang datang di hari-hari libur, dan weekend,” kunci Karundeng. (ctr-25/vip)

Kirim Komentar