29 Agu 2017 10:08
Wagub: Ini Road Map Pemprov Sulut

RSUD Noongan Bakal Jadi RS Rujukan

MyPassion
KAWAL: Wagub Drs Steven Kandouw meletakkan batu pertama pembangunan RS Noongan, Senin (28/8), kemarin. foto: Humas

MANADO—Fasilitas kesehatan jadi salah satu infrastruktur utama yang dibangun Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK). Senin (28/8) kemarin, digelar peletakan batu pertama pembangunan RSUD Noongan. "Ini menjadi road map Pemerintah Sulawesi Utara. Pak Gubernur berupaya semaksimal mungkin pelayanan kesehatan  kepada masyarakat dari Miangas sampai Tontulow Pinagoluman, harus merasakannya," kata Kandouw.

Rumah sakit rujukan di Sulut, lanjutnya, dari 15 kabupaten/kota hanya  Rumah Sakit Liun Kendahe, Rumah Sakit Kotamobagu, Rumah Sakit Noongan, dan Rumah Sakit Walanda Maramis di Minahasa  Utara. "Karena itu Bapak Gubernur sudah berkomitmen RS Noongan bisa menjadi  rumah sakit rujukan,  agar masyarakat yang sakit bisa terlayani. Baik dari Minahasa Tenggara dan sebagian Minahasa Selatan  dan Minahasa dapat berobat di sini karena jaraknya dekat," lanjutnya.

Lebih jauh Wagub mengatakan, tentang masalah pembangunan kontraktor tidak boleh mengambil keuntungan yang banyak dari pembangunan gedung ini. "Bagi Konsultan pengawas agar mengawasi dengan baik, paku demi paku, batu demi batu agar kualitas bangunan ini baik. Jangan sampai ada temuan BPK. Karena itu pembangunan harus sesuai aturan. Tidak boleh main-main dalam menjalankan kewenangan ini," tegas Kandouw.

Wagub juga menyinggung tentang masalah pelayanan dan SDM di rumah sakit harus baik dan berikan kenyamanan bagi para pasien. “Ini merupakan mimpi Pak Gubernur agar bisa terimplementasi di Rumah Sakit Noongan. Saya  harap kesehatan di Sulut bisa jadi rujukan di Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya  Kepala UPTD RS Noongan dr Enriko Rawung MARS melaporkan pembangunan RS Umum Daerah Noongan bersumber dari APBD  2017 sebesar Rp 50.976.938.400. Didalamnya termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp.33.422.796.000.(gel)

Kirim Komentar