28 Agu 2017 13:27

WNA 21 Negara Ada di Bitung

MyPassion

BITUNG—Warga negara asing (WNA) terus di data Kantor Imigrasi Kelas II Bitung. Dari data itu menujukkan ada 21 negara yang mengirim warganya ke Bitung (lihat grafis). Dari data itu juga menunjukkan, WNA yang memiliki kartu identitas sementara lebih banyak dari WNA yang memiliki kartu identitas tetap.

"Sesuai dengan aturan bahwa orang asing yang memegang izin tinggal terbatas (KITAS) adalah mereka yang mendapat izin tinggal selama satu tahun. Sementara orang asing pemegang izin tinggal tetap (KITAP) adalah mereka yang mendapat izin selama lima tahun," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bitung Ridwan.
Paling banyak warga negara asing yang memiliki KITAS adalah Filipina. Sedangkan pemegang KITAP yang paling banyak adalah Taiwan.
Lanjutnya, semua pemilik KITAS dan KITAP itu bertujuan untuk kerja di Bitung. “Mereka kerja di perusahaan-perusahaan. Sementara untuk pembuatan kartu identitas semuanya dilakukan di kantor imigrasi. Namun untuk pembayarannya tidak melalui kantor tetapi di bank atau pos persepsi yang ada," kata Ridwan.
Lanjutnya, warga negara asing yang terdata ini sudah termasuk dengan anggota keluarga mereka, baik istri maupun anak. “Mereka yang terdata juga adalah mereka yang memiliki pekerjaan yang jelas. Dulu banyak warga negara asing namun semenjak moratorium dari Menteri Kelautan dan Perikananan, warga negara yang tidak memiliki identitas di deportasi," ceritanya.
Tambahnya, baru-baru ini ada lima warga negara asing yang di deportase. “Tiga di Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan dua di tangkap Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan," bebernya.

Sementara itu, Sanny Kakauhe, aktivis Bitung meminta, semua instansi terkait mengawasi warga negara asing. “Pertama, tujuannya untuk keamanan dan kenyamanan mereka yang berkerja di Bitung. Kedua, untuk mengantisipasi jangan ada yang ilegal. Karena tentunya yang ilegal itu merugikan daerah dan juga negara. Saya berharap semua instansi, terlebih khusus Imigrasi, ketat soal ini,” katanya. (ctr-17/can)

Kirim Komentar