23 Agu 2017 09:59

Lindungi Anak Dari Pedofil

MyPassion
Ilustrasi

MANADO - Pedofilia makin meresahkan warga. Karena itu, orangtua harus melindungi dan mengawasi anaknya supaya terhindar dari pedofil

 

Ketua Lesbumi NU Sulut Taufiq Bilfaqih S Sos mengungkapkan, orangtua harus lebih ekstra mengawasi dan mendidik anak. Orangtua dan anak-anaknya harus mengetahui ciri-ciri pelaku pedofil sebagai upaya pencegahan. "Karena ini perbuatan buruk. Walau kategorinya penyakit, pedofil harus di lawan. Selain menjaga anak-anak kita, harus ada upaya untuk mendidik masyarakat secara umum, utamanya laki-laki, agar punya kesadaran untuk mampu mengelola diri terhindar dari penyakit pedofilia," ungkapnya.

Lanjut, langkah diambil, ada psikolog dan ahli medis yang punya cara-cara alternatif yang bisa menyembuhkan para pedofil. "Namun sebagai elemen kebudayaan, saya dan Lesbumi menganjurkan kepada semua lapisan masyarakat saling bahu membahu membudayakan kegiatan-kegiatan penyuluhan dan aksi-aksi sosial," katanya.

Terpisah, Ketua KPRS GMIM Pnt Moody  Rondonuwu mengungkapkan, semua pihak harus bersinergis menghadapi ancaman dan kejahatan pedofil . "Jangan memberikan ruang sekecil apapun pada para pelaku pedofilia ini untuk melaksanakan aksi-aksi brutalnya,” ungkapnya.

Orangtua harus lebih peka dan berhati-hati dengan meningkatkan kewaspadaan serta memberi perlindungan bagi anak-anak yang umumnya masih polos. “Baik di lingkungan sekitar rumah, sekolah, medsos dan lainnya," ungkap Rondonuwu. "Tetapi juga bersama pihak gereja dan sekolah, anak-anak harus diberi tahu ciri-ciri dan perilaku pedofilia. diajari bagaimana menghindar ketika diancam. Kita harus melindungi anak-anak kita," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Muhammadiyah Sulut Dr Nasrudin Yusuf menegaskan, kasus pedofilia ini tentu bukan yang pertama dan bisa jadi bukan pula terakhir. "Terdapat banyak faktor penyebab maraknya pedofilia. Ini dikarenakan melemahnya nilai moralitas dan nilai agama dalam diri individu. Faktor ini tentu saja tidak muncul dengan sendirinya. Bangak faktor lain yang menyebabkan moralitas dan nilai agama pada individu melemah. Diantaranya adalah sistem pendidikan," tegasnya.

Lanjutnya, harus ada pendidikan mainstream saat ini yang berkiblat pada nilai sekularisme memang meniscayakan minimnya pengajaran agama. "Padahal, pendidikan yang tidak menjadikan akidah sebagai landasannya hanya akan menghasilkan generasi yang minim moralitas. Karena sejatinya moralitas akan didapat jika seseorang telah menaati perintah Allah," tambahnya.

"Selain dalam menegakkan perintah Allah, ketegasan hukum oleh negara juga dilaksanakan untuk memutus mata rantai pedofilia yang berpotensi mencetak pedofil-pedofik baru. Inilah solusi Islam yang konprehensif dan sangat sesuai diterapkan di mana pun dan kapan saja manusia berada. Karena sejatinya, seluruh alam semesta, adalah kepunyaan Allah. Manusia hanya diberikan sedikit waktu untuk menjadi khalifah yang mengelolah bumi ini," kuncinya. (ela/gel)

Kirim Komentar