22 Agu 2017 13:19

KM Sari Malalugis Tenggelam

MyPassion

BITUNG—Cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi kembali memakan korban. Kali ini kapal ikan KM Baku Sayang 03 milik PT Sari Malalugis yang di dalamnya terdapat 22 anak buah kapal (ABK) dan satu nahkoda, tenggelam di perairan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro. Kapal tenggelam pada titik koordinat 02.8,08 Lintang Utara (LU) - 125.8,84 Bujur Timur (BT), sekira pukul 23 Wita, Sabtu (19/8).

 

Informasi dirangkum, Senin (21/8), kapal yang di nahkodai Anton Kabuhung itu, Sabtu (19/8), sekitar pukul 08.00 bertolak dari Pelabuhan Perikani Aertembaga Bitung dengan tujuan menangkap ikan di perairan Pulau Lasige, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro.  Dalam perjalanan kurang lebih 10 mil dari lokasi tujuan, kapal dengan kapasitas muatan 10 ton itu tiba - tiba dihantam angin barat, bersamaan gelombang laut dengan ketinggian sekitar tiga sampai empat meter. Akibatnya, sebilah papan di bagian dasar mesin terlepas. Kemudian air laut masuk memenuhi isi kapal.

"Pada saat itu kapten kapal memerintahkan semua ABK memakai baju pelampung. Saat kapal mulai tenggelam semua ABK terjun ke laut. Di atas kapal itu masih ada tersisa dua orang saat itu. Kami sudah tidak tahu mereka hanyut ke mana," kata salah satu ABK yang selamat Medi Bukunusa, warga Wangurer Timur, Bitung.

Medi Bukunusa sendiri diselamatkan Musa Linggar, salah seorang nelayan. Pada saat itu, Senin (22/8), Musa sedang melaut mencari ikan di perairan Kampung Nameng, Kecamatan Sibarut. Dia kemudian menemukan korban dalam keadaan terapung dengan menggunakan baju pelampung warna orange. Medi saat itu tertidur lemas di atas sebuah benda warna hitam berbentuk persegi empat.

"Setelah saya melihatnya lalu saya bawa ke kampung Buhias untuk menjalani perawatan di rumah Keluarga Tatoda-Tamaka. Korban langsung diinfus dan dijaga dua orang perawat dan dibantu pemerintah kampung dan masyarakat setempat," kata Musa kepada Kanit Intelkam Polsek Sitim, Sitaro, kemarin.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Manado Budi Cahyadi bersama  10 anggota rescuer dengan menggunakan KN Bima Sena telah menuju ke lokasi kapal tenggelam untuk melakukan operasi. Dia memeberkan identitas ABK yang selamat.

"Sementara ini sudah 10 ABK yang selamat. Sementara sisanya masih dalam pencarian. 10 ABK ditemukan selamat di 25 Mil Timur Laut Pulau Siau oleh sebuah kapal yang kebetulan melintas di daerah tersebut. Sedangkan satu orang ditemukan seorang nelayan. Saat ini kita masih dalam tahap pencarian korban," ucapnya. (mpg/can)

Komentar
  • MyPassion

    Kemimoto
    05 Sep 2017 15:47

    Malik sees apprenticing as an toms outlet appealing substitute to post-secondary education – perhaps even more advantageous given it’s a cheap yeezy boost paid position. “It gives people the opportunity to continue their education in a chosen industry whilst earning a salary,” he says. “As well as this, it gives young people that don’t envisage going to replica rolex watches university another career path to consider. I have been given fake chanel handbags the opportunity to gain a skilled trade.
Kirim Komentar