22 Agu 2017 10:04

Gubernur Papua `Pasien` Bareskrim

MyPassion
Lukas Enembe

JAKARTA— Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim mengendus adanya dugaan korupsi, dalam dana beasiswa keluar negeri mahasiswa Papua. Tak tanggung-tanggung, Gubernur Papua Lukas Enembe bakal diperiksa dan jadi ‘pasien’ Bareskrim, hari ini (22/8), terkait kasus tersebut.

                Sesuai surat panggilan Bareskrim nomor B/PK 493/VII/Tipikor tertanggal 18 Agustus 2017 tercantum bahwa Lukas dipanggil untuk dimintai keterangannya terkait kasus dugaan korupsi dana beasiswa mahasiswa Papua tahun anggaran 2016.

                Dalam surat panggilan yang ditandatangani Dirtipikor Brigjen Akhmad Wiyagus tersebut Lukas diharuskan membawa dokumen terkait dana abadi dan pemberian bea siswa mahasiswa Papua.

                Kasus tersebut masih dalam status penyelidikan, saat ini polisi masih berupaya menemukan bukti terkait tindak pidana korupsi tersebut. Wadir Tipikor Bareskrim Kombespol Erwanto Kurniadi mengakui, memang ada pemanggilan terhadap gubernur Papua tersebut. “Pemanggilannya benar,” jelasnya.

                Terkait kasusnya masih didalami untuk melihat apakah benar terdapat korupsi anggaran beasiswa mahasiswa Papua tersebut. “Ini yang masih didalami,” terang Kurniadi, saat dihubungi Jawa Pos (Manado Post Grup),  kemarin.

                Berapa taksiran kerugian negara dalam kasus tersebut, Erwanto mengaku bahwa semua itu masih dalam hitungan. Saat ini masih fokus untuk menemukan pidananya. “Belum sampai kesana, Gubernur ini masih saksi ya,” paparnya.

                Sumber Jawa Pos menyebutkan, selain Lukas, sudah ada sejumlah pejabat Papua yang telah diperiksa. Pada intinya saat ini pemeriksaan masih berfokus untuk mengetahui modus dari dugaan korupsi tersebut serta melakukan pengumpulan bukti.

                Dittipikor sendiri selama ini mendapatkan sorotan karena dinilai DPR kurang bertaji. Namun, belakang mulai banyak kasus korupsi yang ditangani direktorat yang dipimpin Brigjen Akhmad Wiyagus tersebut.

                Sebelum ini, ada kasus pelepasan aset Pertamina yang juga ditangani Dittipikor. Saat ini kasus tersebut telah masuk ke tahap penyidikan. (jpg/vip)

Komentar
  • MyPassion

    maikeli
    02 Sep 2017 23:34

    After read a couple of the articles on your website these few days, and I truly like your style of blogging. I tag it to my favorites internet site list and will be checking back soon. Please check out my web site also and let me know what you think.[[http://www.bootsshoppingonline.com]]
  • MyPassion


    02 Sep 2017 11:08

  • MyPassion


    02 Sep 2017 11:08

Kirim Komentar