22 Agu 2017 09:20

Diduga Suruh Cabut BAP, Setnov Cs Tekan Miryam

MyPassion
Miryam Haryani

JAKARTA – Indikasi adanya kepentingan kelompok legislatif dalam pengungkapan kasus kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) terus menyeruak di persidangan Miryam Haryani. Khususnya, terkait anggota komisi DPR yang disinyalir mempengaruhi Miryam untuk mencabut Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu terungkap ketika jaksa KPK membacakan BAP pengacara kondang Elsa Syarief di Sidang Miryam di Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin (21/8). Dalam BAP nomor 9 poin 3 itu terungkap bahwa yang melakukan penekanan dan meminta Miryam mencabut keterangan penyidikan adalah Setya Novanto (Setnov), Chaeruman Harahap, Akbar Faisal, Markus Nari dan Djamal Aziz.

Keterangan Elsa dalam BAP itu bersumber dari cerita Miryam sebelum bersaksi dalam sidang KTP-el dengan terdakwa Irman dan Sugiharto pada 23 Maret lalu. Kala itu, Miryam menceritakan bahwa dirinya pernah dikumpulkan Setnov dan beberapa saksi yang pernah dipanggil KPK. Hanya, dalam BAP Elsa tidak dijelaskan dimana tempat kumpul-kumpul tersebut.

Yang pasti, Miryam merasa diadili oleh politikus yang hadir dalam pertemuan itu. Bahkan, mantan anggota Komisi II yang kini duduk di Komisi V DPR itu dicap sebagai penghianat karena memberikan keterangan kepada penyidik KPK yang merugikan para kelompok politisi DPR, khususnya periode 2009-2014. Keterangan yang dimaksud berkaitan dengan aliran korupsi KTP-el ke anggota DPR.

“Setnov menunjukan surat salinan BAP dan surat dakwaan yang menyebabkan Miryam S Haryani terpojok,” kata jaksa penuntut umum (JPU) KPK Lucky Dwi Nugroho membacakan isi BAP Elsa saat penyidikan. Sebagaimana catatan, Miryam pernah bertemu dengan Elsa sebelum menjadi saksi di sidang KTP-el. Di pertemuan itu, Miryam ditengarai menceritakan semua masalahnya ke Elsa.

Dugaan penekanan oleh anggota DPR itu yang diduga kuat menjadi alasan Miryam mencabut keterangan yang sudah dimasukkan dalam BAP penyidikan KPK. Atas pencabutan itu, komisi antirasuah menetapkan Miryam sebagai tersangka dalam perkara memberikan keterangan tidak benar di persidangan KTP-el.

Yang menarik, Elsa kemarin mendadak merevisi BAP yang dibacakan jaksa KPK. Mantan pengacara bendahara umum Partai Demokrat M. Nazaruddin itu mengaku tidak ingat jelas dengan cerita tersebut. Termasuk nama-nama anggota DPR yang diduga menekan Miryam. “Pengumpulan itu (anggota DPR dan Miryam oleh Setnov) saya jadi ragu-ragu,” dalihnya.

Elsa pun menyatakan bahwa agenda kumpul-kumpul yang membuat Miryam merasa diadili itu tidak jelas. Apakah sengaja dikumpulkan oleh Setnov atau hanya sebatas pertemuan spontanitas. “Ngumpulkannya spontanitas atau enggak saya tidak ingat. Apakah saat rapat di DPR lalu ada dialog, ada cerita, saya lupa. Itu yang saya revisi,” kilahnya.

Indikasi keterlibatan anggota DPR dalam pencabutan BAP Miryam juga diungkapkan pengacara Anton Taufik. Pria asal Makassar yang juga menjadi saksi di persidangan kemarin mengungkapkan bahwa dirinya pernah diminta Markus Nari untuk mengantarkan salinan BAP Miryam ke kantor Elsa pada 17 Maret lalu atau sebelum Miryam bersaksi di pengadilan.

Anton mengaku mendapat imbalan sebesar USD 10 ribu (Rp 133,46 juta) dan SGD 10 ribu (Rp 98,12 juta) dari Markus. Oleh Markus, Anton diminta untuk mencari salinan BAP Miryam di pengadilan tipikor. Uang itu juga sebagai imbalan karena Anton kerap memberi masukan hukum untuk Markus.

“Tapi uangnya sudah saya kembalikan ke penyidik (KPK),” ujarnya. Anton mengaku membayar Rp 2 juta ke panitera pengadilan tipikor bernama Siswanti agar bisa mendapat salinan BAP Miryam itu.

Jaksa Jaksa KPK Kresno Anto Wibowo mengatakan, Elsa sejatinya tidak secara tegas merevisi nama-nama politikus yang menekan Miryam. Artinya, keterangan dalam BAP Elsa yang menyebutkan Setnov dkk melakukan penekanan terhadap Miryam tetap menjadi fakta persidangan. “Secara tegas dia (Elsa) juga enggak merevisi (BAP),” terangnya.

Menurut Kresno, dalam perkara pemberian keterangan tidak benar ini pihaknya ingin membuktikan bahwa Miryam bukan ditekan penyidik KPK. Nah, dalam persidangan sudah mengungkap fakta-fakta tersebut. “Dalam persidangan, pihak (Miryam) justru tertekan karena pihak lain, bukan penyidik,” ungkap pria berkacamata itu.

Sementara itu, Akbar Faizal enggan menanggapi penyebutan namanya dalam persidangan. Saat dikonfirmasi Jawa Pos kemarin, politikus Partai Nasdem itu malah mengirimi link berita media online yang menjelaskan pernyataan Elza dan Miryam. Menurutnya, dia tidak perlu lagi menjelaskan, karena semuanya sudah dibantah Elza dan Miryam. “Apa lagi yang harus saya katakan. Kan sudah dibantah oleh orangnya sendiri,” terang dia. (vip)

Komentar
  • MyPassion

    maikeli
    02 Sep 2017 23:33

    After read a couple of the articles on your website these few days, and I truly like your style of blogging. I tag it to my favorites internet site list and will be checking back soon. Please check out my web site also and let me know what you think.[[http://www.bootsshoppingonline.com]]
  • MyPassion

    andi
    22 Agu 2017 19:29

    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO >>>>>TOTO TOGEL MALAYIA KLIK DISINI <<<<< DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL angka;GHOIB: singapur angka;GHOIB: hongkong angka;GHOIB; malaysia angka;GHOIB; toto magnum 4d angka"GHOIB; laos… angka"GHOIB; macau angka"GHOIB; sidney angka"GHOIB: vietnam
Kirim Komentar