18 Agu 2017 10:11

Jokowi Pertemukan Habibie-Megawati-SBY

MyPassion
MOMEN LANGKA: Empat mantan Presiden RI foto bersama saat peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI di Istana Merdeka. Dari kiri: Presiden ke-3 BJ Habibie, Jokowi, Presiden ke-5 Megawati dan Presiden ke-6 SBY. Wapres Jusuf Kalla juga foto bareng. Foto: Agus Suparto/Biro Pers Setpres

JAKARTA—Momen langka terjadi di Istana Merdeka dalam rangkaian upacara HUT ke-72 RI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) berfoto bersama para tokoh yang pernah menjadi Presiden RI, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri.

 

Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kalimantan Selatan, sedangkan ibu negara Iriana yang juga ikut berfoto mengenakan baju adat Minangkabau. Wapres JK mengenakan pakaian adat bugis, sementara istrinya, Mufidah Kalla, mengenakan baju adat yang mirip dengan Iriana.

Ada yang lebih istimewa dari peringatan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia (RI) yaitu hadirnya seluruh tokoh yang pernah menjabat presiden RI. Ada Presiden ke-6 RI SBY yang mengenakan baju adat Betawi warna hitam bersama Ibu Ani yang mengenakan kebaya merah. Lalu ada pula Presiden ke-5 RI Megawati dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Mereka pun menyempatkan diri berfoto bersama. "Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa, karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia," tutur Jokowi sebelum upacara di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

Namun, kedatangan Megawati dan SBY tak bisa dianggap tanda bahwa PDIP dan Demokrat akan berkoalisi pada Pemilihan Presiden 2019. "Tentu saja ini tidak bisa dimaknakan dalam perspektif politik untuk Pemilu 2019," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di lapangan parkir DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (17/8).

‎Menurut Hasto, kehadiran Mega dan SBY di Istana Merdeka merupakan simbol para pemimpin bangsa mesti bergandengan tangan. "Ini semua adalah semangat Merah Putih untuk bergandeng tangan sebagai pemimpin bangsa," tuturnya.

Hasto menyatakan, kehadiran SBY dan Mega pada upacara Hari Kemerdekaan RI menunjukkan bahwa Presiden Joko Widodo merupakan pemimpin yang menyatukan. “Ini (kehadiran SBY dan Mega) merupakan hal yang sangat baik dan menunjukkan bahwa kepemimpinan Pak Jokowi adalah kepemimpinan yang menyatukan, membawa semangat persatuan, sebagaimana digelorakan oleh Bung Karno,” ucap Hasto.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi ke-72 tahun di Istana Merdeka, juga dimeriahkan dengan penggunaan busana adat dari berbagai daerah. Di akhir upacara, Presiden Jokowi mengumumkan lima orang pemenang busana terbaik dan memberi mereka hadiah sepeda.

"Pemenang pertama Yasonna," kata Jokowi menyebut nama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Pemenang busana terbaik berikutnya secara berurutan adalah Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Syarif Muhammad (ajudan Presiden), Tri Suswati (istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian), dan Agati Sulie (istri Wakil Ketua MPR Mahyudin).

Yasonna mengaku senang terpilih dengan busana adat terbaik. "Suatu kehormatan besar saya bisa memakai adat kebesaran, adat Nias, dan dapat penghargaan dari Presiden. Ini kehormatan besar buat saya," kata Yasonna seusai acara. Dia mengatakan busana yang dikenakannya adalah baju perang. Bila dikenakan lengkap, bakal ada pedang, tombak, hingga perisai.

Menurut Yasonna, busana yang dikenakannya adalah pemberian dari kepala adat Nias Selatan. Saat ia berkunjung ke Nias Selatan, busana itu diberikan kepadanya sebagai penghormatan.

Sementara Oesman Sapta memenangi juara kedua dengan pakaian adat Sumatera Barat. Awalnya dia tak mengetahui bahwa penggunaan busana adat ini akan dinilai. "Surprise aja, begitu sampai di situ, saya enggak nyangka bakalan dapat ini (juara dua)," kata Oesman. "Tapi ternyata memang saya lebih gagah dari yang lain semuanya," kata Oesman menambahkan.

Lain lagi dengan Syarif. Ajudan Presiden ini mengenakan pakaian khas Dayak yang merupakan daerah asalnya. Sementara Tri Suswati mengenakan pakaian khas asal Papua, dan Agati Sulie mengenakan pakaian asal Kalimantan. Pada para pemenang, Jokowi memberikan hadian sepeda, seperti hadiah yang biasa ia berikan saat kunjungan kerja ke daerah.

Yasonna mengatakan hadiah sepeda dari Presiden sangat berharga dan tidak bisa dijual. Sepeda hadiah ini, kata dia, akan disimpan sampai anak-cucu. Dia menambahkan, sepeda itu juga akan digunakannya untuk berolahraga.

Senada dengan Yasonna, Oesman juga senang dengan hadiah sepeda. "Oh, itu sejarah itu. Itu bukan soal harganya, tapi sejarah di 17 Agustus di Istana, saya dapat hadiah. Nanti sampai cucu saya bisa naik sepeda," kata Oesman sambil tertawa.

Sementara Syarif tak menyangka bakal mendapat hadiah dari Jokowi. Selama ini Syarif adalah orang yang menyiapkan hadiah sepeda saat Jokowi memberi kuis. "Biasanya saya menyiapkan sepeda, sekarang dapat sepeda," kata Syarif.

Tri Suswati, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga tak ketinggalan diberi hadiah sepeda. Ketika itu, Tri hadir mendampingi Kapolri dengan memakai pakaian adat Papua. Begitu juga Jenderal Tito. Nah, penampilan mereka ternyata menarik perhatian Jokowi, dan dewan juri lainnya. Alhasil, sebuah sepeda diberikan kepada Tri.

Merespons hal itu, Tito mengaku yang dilakukan presiden merupakan sebuah kejutan. Apalagi mereka tidak menyangka akan ada hadiah sepeda. "Kami tidak mengharap juara. Hanya fun saja untuk merayakan, meramaikan, dan menyampaikan bahwa Indonesia demikian kaya," ucap Tito.

Diketahui, selain istri kapolri, Ketua DPR Oesman Sapta Odang yang memakai pakaian adat Minang Kabau, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang tampil dengan pakaian adat Nias, juga mendapat sepeda.

Sementara itu, ada momen spontan dan mengharukan saat Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang kembali ke Istana Merdeka Jakarta. Tempat yang pernah ia singgahi selama 10 tahun.

Kehadiran SBY kali bersama Ibu Ani Yudhoyono untuk ikut dalam Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 di Istana Merdeka Jakarta. Momen ini tentu saja menjadi menarik karena, sejak tak lagi duduk sebagai kepala negara, pada Oktober akhir 2014 lalu, SBY baru kali ini menghadiri acara kenegaraan di Istana Merdeka.

Meskipun, beberapa waktu lalu dia sempat datang ke Istana bertemu Jokowi, tapi hanya makan siang dan minum teh. Kali ini, kedatangan SBY juga berkesan bagi para staf Istana Kepresidenan. Itu terlihat ketika dia tiba, sejumlah staf termasuk ada dari Pasprampres, menyalami dan mencium tangan presiden dua periode itu. Sebuah momen yang mengaharukan. Selain SBY, dua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), juga hadir bersama istri masing-masing.(berbagai sumber/gnr)

Komentar
  • MyPassion

    maikeli
    02 Sep 2017 23:34

    After read a couple of the articles on your website these few days, and I truly like your style of blogging. I tag it to my favorites internet site list and will be checking back soon. Please check out my web site also and let me know what you think.[[http://www.bootsshoppingonline.com]]
  • MyPassion

    andi
    21 Agu 2017 14:12

    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO >>>>>TOTO TOGEL MALAYIA KLIK DISINI <<<<< DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL angka;GHOIB: singapur angka;GHOIB: hongkong angka;GHOIB; malaysia angka;GHOIB; toto magnum 4d angka"GHOIB; laos… angka"GHOIB; macau angka"GHOIB; sidney angka"GHOIB: vietnam
Kirim Komentar