18 Agu 2017 13:14

217 Napi Dapat `Kado` HUT RI, Tujuh Langsung Bebas

MyPassion
BANGGA: Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban Lomban menyerahkan SK remisi kepada salah satu narapidana, kemarin.

BITUNG—HUT Kemerdekaan RI selalu ditunggu-tunggu narapidana. Karena di momentum HUT RI banyak mendapatkan ‘kado’ sepecial berupa remisi. Seperti HUT ke-72 RI ini, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tewaan Bitung, 217 narapidana mendapatkan remisi. Bahkan tujuh di antarnaya langsung bebas.

Pemberian remisi melalui upacara singkat yang dibacakan Kepala Lapas Danang Agus Triyanto, disaksikan Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban Lomban, Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Deden Hendaya dan Kabag Sumda Polres Bitung Kompol Met Warouw.

“Dari sembilan yang mendapat remisi umum II atau bebas ini, tujuh orang langsung bebas hari ini. Dua orang lagi menjalani Subsider atau pengganti denda,” terang Danang.

Lanjut Danang, dari narapidana yang mendapatkan remisi, 27 di antaranya warga negara asing (WNA) asal Filipina.  “Mereka mendapat remisi umum,” katanya.

Di tempat yang sama, Lomban mengatakan, remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berprilaku baik selama manjalani hukuman. “Karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik dan bukan kepada mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib,” jelasnya.

Lomban juga mengucapkan selamat kepada para narapidana yang mendapat remisi. Dia berharap lewat pemberian remisi akan memberikan kesadaran kepada para narapidana untuk senantiasa selalu berbuat baik dan berperan aktif dalam pembangunan di masyarakat.

Dia juga berharap, narapidanan yang mendapatkan remisi bebas tidak kembali lagi ke lapas. “Kembalilah ke masyarakat dan jadilah orang yang berguna. Jangan balik lagi le Lapas,” harapnya.

Usai sambutan, Lomban memberikan SK Remisi bebas kepada dua perwakilan narapidana. Baju narapidana keduanya juga langsung dilepas. (ctr-12/can)

Kirim Komentar