17 Agu 2017 14:37

Inilah 10 Kota Paling Layak Ditinggali

MyPassion
LAYAK: Salah satu sudut kota Melbourne, Australia. (REUTERS)

MANADOPOST– Berniat untuk pindah negara atau kota? Mungkin Anda bisa memilih satu dari 10 kota ini. Berdasar ranking yang dirilis Economist Intelligence Unit, berikut adalah 10 kota-kota di dunia yang paling layak ditinggali.

Juaranya masih sama seperti tahun lalu, Melbourne, Australia. Kota tersebut sudah menempati posisi yang sama selama tujuh tahun berturut-turut. Melbourne mendapatkan skor 97,5 dari 100 dalam list tahunan itu.

Yang dinilai adalah stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Ada 140 kota yang dinilai dari berbagai negara. Posisi kedua ditempati oleh ibukota Austria, Vienna. Kemudian dilanjutkan dengan Vancouver, Kanada. Ketiga kota tersebut juga menempati posisi yang sama tahun lalu.

Meski tidak banyak yang berubah dari list-list terbaik selama 12 bulan terakhir, ada beberapa perubahan yang terjadi. Kota Reykjavik, Iceland, naik pesat 13 level dari 50 menjadi 37. Lompatan signifikan ini dipicu oleh perkembangnya industri pariwisata sekaligus pembangunan yang masif.

Amsterdam, yang mengalami penurunan angka kejahatan dratis, juga naik progresif di posisi ke-18. Sedangkan, Manchester dan Stockholm, mengalami penurunan ranking akibat serangan teror belakangan ini. Manchester turun dari 43 ke 51, sedangkan Stockholm turun ke posisi 26

”Banyak masalah kelayakan hidup yang belum usai, itu ditambah dengan serangan teror yang masih berlanjut, dan suasana politik ikut memengaruhi ketidakpastian dunia. Mungkin bagi beberapa kota mereka sudah mendapatkan titik balik. Tetapi kelayakan hidup masih tetap rendah bila dibandingkan standar yang sudah ada selama ini,” kata Jon Copestake, editor survei.

Berikut adalah 10 kota yang dinilai paling layak untuk ditinggali.
1. Melbourne, Australia
2. Vienna, Austria
3. Vancouver, Kanada
4. Toronto, Kanada
5. Calgary, Kanada
5. Adelaide, Australia
7. Perth, Australia
8. Auckland, New Zealand
9. Helsinki, Finlandia
10. Hamburg, Germany.

(tia/The guardian/JPC)

Kirim Komentar