17 Agu 2017 14:27

152 Warga Digigit Anjing

MyPassion

MITRA—Pemerintah terus melakukan pencegahan penyakit Rabies. Dari data yang dihimpun sejak 2011 hingga 2016 sudah 10 kasus gigitan yang teridentifikasi rabies (lihat grafis). Sementara khusus 2017 ini ada 152 warga digigit anjing. "Kami terus melakukan pencegahan dengan memberikan vaksinasi kepada anjing peliharaan warga. Untuk itu kami berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Mitra yang juga membidangi masalah hewan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan, Selasa (15/8).

Tamuntuan menjelaskan sejak 2011-2016 data warga yang terkena rabies kebanyakan berakhir dengan meninggal dunia. "Untuk tahun 2017 sudah 152 kasus gigitan. Namun yang terdeteksi rabies belum dilakukan direkap. Karena biasanya dilakukan akhir tahun," jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Elly Sangian mengatakan, pihaknya terus melakukan vaksinasi hewan peliharaan di tiap desa. "Sudah ada tim yang kami turunkan ke seluruh desa/kelurahan untuk lakukan vaksinasi. Tim tersebut melakukan vaksinasi setiap enam bulan," bebernya. Sementara itu Wakil Ketua DPRD Mitra Katrien Mokodaser mengatakan dalam melakukan vaksinasi harus merata.

"Misalnya tim melakukan kegiatan kunjungan ke satu rumah harus dilakukan merata. Jangan sampai ada yang kelewatan. Bagaimanapun harus maksimal kalau hari ini tak dapat lakukan vaksinasi besok harus dapat," imbaunya. Agar nanti, menurut Mokodaser kalau ada kasus gigitan anjing. "Sudah tidak ada lagi yang terkena virus rabies" jelasnya.(ctr-22/gel)

Kirim Komentar