12 Agu 2017 10:35

Rolling Murni Kinerja, Tiga Camat Wajah Baru

MyPassion

MANADOPOST-Rolling jabatan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa murni pertimbangan kinerja. Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) menegaskan, untuk pergeseran ini tidak ada unsur politik. “Semua tudingan rolling kali ini bernuansa politis tidak benar. Buktinya, hasil pergeseran sangat rasional dan sesuai evaluasi,” terang JWS usai pelantikan, di ruang sidang kantor bupati Minahasa, Jumat (11/8) kemarin.

Proses ini, lanjutnya, berlangsung objektif. JWS yang saat itu mesra berdampingan dengan Ivan Sarundajang (IvanSa) mengingatkan, untuk pelantikan ini dilakukan berdasarkan imbauan KPU. Sebab, batas akhir melakukan pergeseran jabatan, Jumat (11/8) kemarin. “Pihak KPU sudah mengingatkan untuk pergeseran atau rolling paling terakhir, hari ini (kemarin, red),” jelas JWS.

Ia pun mengakui tak serta-merta melakukan rolling, namun sudah dipertimbangkan dan dipelajari sejak lama. “Nama-nama ini sudah kita pelajari sejak lima bulan terakhir. Jadi, bukan tiba-tiba. Kita sudah evaluasi mana yang cocok ditempatkan di posisi-posisi tertentu,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk masa jabatan JWS dan Ivan Sarundajang (Ivansa) akan berakhir Maret tahun depan. “Tanggal 15 Februari kita sudah ajukan cuti. Penjabat (Pjb) baru akan datang 17 Maret. Saya harap, siapapun yang datang harus dihormati. Kerja saja, beri yang terbaik,” terangnya.

Ia juga berpesan, agar jangan ada yang mengaitkan pekerjaan sebagai PNS dengan politik. “Saya tidak pernah menyuruh ASN ikut berpolitik, jadi fokus saja bekerja membangun Minahasa,” harapnya.

Sementara itu, sebanyak tiga nama baru dari deretan enam camat yang baru dilantik, di kantor bupati, Kamis (11/8), kemarin. Dari enam camat ini, tiga sisanya masih dipegang nama lama. Namun digeser ke kecamatan lain (lihat grafis, red). Ketiga camat yang baru yaitu Stefry Vendra Pandey di Kecamatan Tompaso Barat menggantikan Engelbert Raintung, Jeane Sumendap menggantikan Meidy Keintjem di Tompaso dan Johnly Wua menggantikan Arther Palilingan untuk Camat Pineleng.

Sementara untuk jajaran Eselon II, tidak ada perubahan berarti. Agustifo Tumundo di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud), Arody Tangkere sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Alex Mamesah untuk Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) hanya dilantik sebagai pejabat definitif setelah sejak Januari sebagai pelaksana tugas (Plt).

Sementara, sejumlah ASN yang mengikuti pelantikan menuturkan siap menjalankan tugas dan tanggung jawab yang baru. “Yang pasti siap memberikan yang terbaik di tanggung jawab yang baru ini,” ucap Engelbert Raintung yang sebelumnya sebagai Camat Tompaso Barat, kini dipercayakan Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Setkab Minahasa ini. Dalam kesempatan ini, selain tiga pejabat eselon II, JWS melantik 35 pejabat eselon III, 43 pejabat eselon IV, serta sejumlah kepala sekolah dan kepala UPTD. (fgn/vip)

Kirim Komentar