12 Agu 2017 07:41

Cukup Minum Air Putih Tiap Hari

MyPassion

Berapa banyak seharusnya anda minum air putih dalam sehari. Untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh, sebagian menyebut delapan gelas. Ada pula yang mengatakan dua liter per hari.

 

SEBENARNYA kebutuhan asupan air pada setiap orang bisa berbeda-beda. Meskipun memang umumnya disarankan minimal delapan gelas per hari. Banyaknya cairan yang diperlukan tergantung dari berat badan, aktivitas tubuh hingga pola makan sehari-hari.

Dikatakan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Sulut dr Harlinda Haroen SpPD KHOM FINASIM, kebutuhan minimal air minum sekira 1,5 liter per hari. “Hanya saja, seseorang dengan sakit ginjal, harus diperiksa mendetail untuk menentukan banyak cairan yang harus masuk dalam sehari,” sebut Haroen.

Setiap orang memiliki berat badan berbeda. Dan kebutuhan akan cairannya pun bisa berbeda. Misalnya saja, orang dengan berat badan 45 kg tidak perlu meminum air sebanyak orang yang memiliki bobot 70 kg. 

Jika Anda rutin olahraga, berarti tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat. Anda perlu menambah asupan air sesuai durasi olahraga yang dilakukan. Disarankan menambah sekira 350 ml air untuk setiap sesi olahraga selama 0,5 jam. Apabila Anda olahraga selama satu jam, asupan air yang perlu ditambah 0,7 liter atau setara 700 ml.

Lanjutnya, jika anda disarankan minum 1,5 atau 2 liter air, bukan berarti anda harus minum air putih sebanyak itu.

Kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi lewat makanan. Sekira 20-25 persen asupan air berasal dari makanan yang anda santap. Baik itu berasal dari buah-buahan, sayuran, atau makanan berkuah. Sisanya, harus tetap dipenuhi dalam bentuk minuman, dan diutamakan air putih.

Apel misalnya. Dalam satu butir apel ukuran sedang, mengandung sekira 116 ml air. Sementara jeruk seberat 140 gram mengandung sekira 122 ml air. Sementara sayuran, rata-rata mengandung air sekira 19 hingga 114 ml.

Konsultan ginjal dan hipertensi dari PAPDI Pusat dr Tunggul Situmorang SpPD-KGH mengatakan, ginjal merupakan salah salah satu organ vital tubuh seperti halnya jantung, paru, hati dan lainnya. Fungsinya sangat kompleks. Terutama sebagai pembersih darah dari racun-racun hasil metabolisme tubuh dengan cara filtrasi (penyaringan) dan mengeluarkannya melalui urine.

“Ketika kita minum delapan gelas sehari, urine yang keluar kira-kira sebanyak 1-1,5 liter. Dengan penguapan badan kita, kira-kira dengan suhu tropik 700-800, sebenarnya kita butuh 6-7 gelas air per hari. Jadi aturan itu tidak kaku betul dan minum saja sewajarnya. Kalau aktivitasnya lebih banyak, tentu anda harus minum lebih banyak," katanya, dilansir dari JPNN (Grup Manado Post).

Asupan air berlebih juga tidak dianjurkan pada usia lanjut. Sebuah penelitian menyebutkan, asupan air lebih dari 1.500 ml/24 jam, potensial menimbulkan hiponatremia (kadar natrium dalam darah yang lebih rendah dari batas normal) pada usia lanjut. Sehingga dapat menurunkan kesadaran, kejang-kejang, dan bahkan kematian.(har)

12
Kirim Komentar