11 Agu 2017 13:53

Akta Kelahiran Gratis, Prioritas Usia 0-18 Tahun

MyPassion
Ilustrasi

MINUT—Untuk mencapai target 85 persen pembuatan akte kelahiran usia 0-18 tahun. Dinas Kependudukan dan  Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minut terus mensosialisasikan program pembuatan akta gratis dan cepat kepada masyarakat. Bahkan disaat kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wabup Ir Joppi Lengkong, Disdukcapil tak hanya diam ditempat, tetapi turun lapangan jemput bola.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Susana Katuuk SE, melalui Sekretaris Deydi T Item SP mengatakan, Kecamatan Kalawat dan Kauditan jadi tempat uji coba pembuatan akte kelahiran.

"Karena dua kecamatan ini penduduknya paling banyak," katanya, Kamis (10/8) kemarin. Lanjutnya, usia sekolah 0 - 18 diprioritaskan karena pengurusan masuk sekolah mensyaratkan adanya akta kelahiran.

Meski demikian, bukan berarti usia lain tidak diperhatikan. "Pada prinsipnya kami melayani semua," ujar dia. Ia menyebut masyarakat dimudahkan karena pengurusan tidak dipungut biaya.

Selain itu, masyarakat juga didampingi aparat desa dalam pengurusan. "Harus ada pendampingan. Kasihan jika warga harus bolak balik kantor Disdukcapil karena berkas tidak lengkap," ujar dia.

Dikatakannya, syarat pengurusan adalah menyiapkan KTP, akta pernikahan serta KK. Dibebernya, pengurusan akta kelahiran dilakukan bersamaan dengan perubahan KK.

"Untuk itu KK asli harus dibawa. Dan bagi orang tua untuk segera mengurus akte kelahiran anak mereka. Jangan nanti waktu anak sudah sekolah baru bergegas mengurusnya," ujarnya.(ctr-26/ria)

Kirim Komentar