11 Agu 2017 15:26
Semester I 2017

927 Orang Meninggal di Minahasa

MyPassion

MINAHASA - Sebanyak 927 orang meninggal dalam kurun waktu Januari hingga Juli.  Atau periode semester I 2017. Angka ini hanya beda sedikit dengan jumlah kematian periode tahun 2016, yang berada di angka 1.264 (lihat grafis, red). "Sesuai data yang kita himpun untuk jumlah kematian 927 orang. Hitungan ini sesuai dengan jumlah pengurusan akte kematian," beber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Riviva Maringka kepada koran ini, kemarin.

Ia melanjutkan, jumlah angka kematian ini hanya yang melakukan pengurusan akte kematian. "Jadi angka ini mungkin lebih kecil jika dibandingkan jumlah kematian ril. Karena, masih banyak yang akte kematiannya tidak diurus keluarga," ungkap Maringka.

Ia pun mengakui, kesadaran mengurus akte kematian belum maksimal. Karena, untuk pengurusan akte kematian umumnya hanya PNS dan TNI/Polri. "Masih minim kesadaran mengurus akte kematian untuk masyarakat umum," sesalnya. Karenanya, Maringka mengimbau, agar jika ada anggota keluarga yang meninggal harus langsung mengurus.

"Hal ini agar pendataan bisa valid. Karena sampai sekarang yang rajin mengurus akte kependudukan baik kelahiran maupun kematian hanya PNS dan TNI/Polri," papar Maringka. "Kami harapkan disdukcapil melalui camat dan kumtua untuk proaktif mendata di desa dan kecamatan," harap sejumlah warga Tondano. (fgn/vip)

Kirim Komentar