10 Agu 2017 14:14

ISPA-Hipertensi Ancam Warga

MyPassion

BITUNG—Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan Hipertensi adalah dua penyakit paling banyak diderita masyarkat Bitung. Hal ini sesuai dengan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bitung per Juni 2017.

 

Menurut Kepala Dinkes Bitung Frangky Soritan, jumlah penderita penyakit itu sesuai data rumah sakit dan puskesmas yang dirangkum. “Sebanyak 2.014 orang di Juni lalu terkena penyakit ISPA. Ini disebabkan beberapa faktor. Di antaranya karena cuaca. Karena penyakit ini terjadi ketika pergantian musim. Sebagian besar disebabkan oleh virus," ungkapnya.

Namun yang paling menguatirkan, menurut Soriton, adalah Hipertensi. “Hipertensi atau dikenal dengan darah tinggi berpotensi kematian. Sesuai data penyakit ini kedua terbanyak dialami masyarakat Bitung," jelasnya.

Hipertensi lanjut dia, disebabkan faktor gaya hidup yang cenderung mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi. "Seperti daging yang dulunya hanya bisa dikonsumsi saat ada pesta. Sekarang sudah bisa dikonsumsi setiap hari dengan kadar berlebihan. Hingga tekanan darah pun naik dan tidak bisa dikontrol,” jelasnya.

Soriton menganjurkan warga untuk terus menjaga pola hidup sehat. “Tentunya dimulai dari pola makan yang bergizi dan sesuai takaran sehingga bisa hidup lebih sehat. Kerja dan aktivitas bisa berjalan dengan baik," tandasnya. (chyntia/can)

Kirim Komentar