09 Agu 2017 09:22

Rentan Depresi, Disarankan Rehat dari Rutinitas

MyPassion
Hanna Monareh

MANADO—Kondisi depresi sangat rentan terjadi pada masyarakat di kota maju. Demikian pula warga Manado, Sulut. Terlebih semakin kompleksnya masalah perkotaan. Baik itu kemacetan, biaya hidup, dan masalah lainnya.

Menurut Wakil Direktur Medis RSJ Prof Ratumbuysang Manado dr Frida Agu SpKJ, 1 persen dari 2.750.320 warga Sulut berisiko menderita gangguan jiwa berat. Artinya, ada 27.503 warga Nyiur Melambai berpotensi mengalami gangguan kejiwaan. Dari jumlah itu, 25 persen berisiko tinggi mengalami gangguan jiwa ringan.

Tekanan demi tekanan membuat orang menjadi stres. Jika tidak didukung lingkungan bersahaja, membuat setiap individu makin cepat menderita gangguan jiwa. Jadi berhati-hatilah. “Karena persentase ini berlaku bagi warga yang justru enggan memeriksakan diri atau berkonsultasi ke ahli kejiwaan,” tandas Spesialis Kesehatan Jiwa ini.

Ketua Ikatan Psikolog Klinis Sulut Hanna Monareh MPsi menuturkan, untuk mencegah depresi tanpa pengobatan makanya disarankan seseorang melakukan aktivitas-aktivitas positif. Misalnya dengan liburan, menyalurkan hobi seperti musik, olahraga, dan aktivitas lain. Agar bisa rehat dari rutinitas kerja atau studi.

Selain itu, kata Monareh, setiap orang harus mampu mengenal diri sendiri baik itu kelebihan dan kekurangannya. Kemudian positif thinking, dan memiliki teman-teman yang mampu mendukung di hal-hal positif.

Lanjutnya, depresi adalah keadaan emosi yang abnormal (tidak sehat). Adanya gangguan mental yang dapat mempengaruhi pikiran, emosi, persepsi, dan perilaku secara terus menerus.

Individu yang cenderung kurang mampu menghadapi dan menyelesaikan beban masalah dengan baik, dalam pekerjaan, keuangan, keluarga, pergaulan, situasi yang tidak menyenangkan. Seperti duka cita, kehilangan pekerjaan, faktor keuangan, dan lainnya, cenderung  mengalami depresi. Selain ditangani dengan psikoterapi, individu tersebut dapat juga dengan terapi farmakologi atau konsumsi obat melalui resep dokter. Serta memiliki hubungan spiritual dengan Yang Maha Kuasa.(har)

Kirim Komentar