08 Agu 2017 09:36

Penenang Bisa Bikin Jiwa Melayang

MyPassion

MANADO—Tuntutan kebutuhan hidup yang semakin tinggi memberikan tekanan bagi sebagian orang. Tak sedikit yang mengambil jalan pintas. Konsumsi obat penenang-antidepresan agar kecemasan tak berlanjut.

Tak banyak yang tahu tentang obat dumolid. Namun belakangan, obat penenang ini menempati urutan atas di search engine. Ketik ‘du’ saja, seketika ada pilihan kata dumolid yang muncul. Penggunaan dumolid tidak dilarang. Hanya perlu resep dokter agar tidak menimbulkan ketergantungan dengan dampak buruk bagi kesehatan bahkan jiwa pengguna.

Salah satu fungsi dumolid adalah menangani gangguan kecemasan. Salah satu penyakit kejiwaan ini memang banyak dialami selebriti. Sebut saja Kayne West, suami kaya raya dari si sexy Kim Kardashian. Ada juga Selena Gomez, penyanyi cantik jebolan Walt Disney.

Dikatakan Wakil Direktur Medis Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Ratumbuysang dr Frida Agu SpKJ, gangguan kecemasan dan penyakit kejiwaan lainnya tidak pilih-pilih jenis kelamin, strata sosial, maupun strata pendidikan.

Namun dr Frida menekankan, konsumsi obat-obatan antidepresan harus selalu ditebus dengan resep dokter. “Karena pemakaian berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh sesorang,” imbuhnya.

Penyebab gangguan kecemasan dan kejiwaan, urai dr Frida, ditopang beberapa faktor. Yaitu faktor biologi mencakup lingkungan, faktor psikolog termasuk ciri kepribadian orang, dan faktor genetik atau turunan.

“Karena persentase ini berlaku bagi warga yang justru enggan memeriksakan diri atau berkonsultasi ke ahli  kejiwaan,” tandas Spesialis Kesehatan Jiwa ini.

Meski begitu, sampai saat ini tidak ada yang dominan. Karena ada yang tidak mempunyai faktor turunan. Tapi tekanan lingkungan yang berat dan kepribadian yang kaku beradaptasi, sehingga muncul gejala gangguan jiwa.

Penyebab lainnya berupa faktor-faktor somatik (somatogenik), psikologik (psikogenik) seperti interaksi ibu, anak, dan peranan ayah, persaingan antara saudara kandung, inteligensi, hubungan dalam keluarga, pekerjaan, permainan dan masyarakat. Rasa kehilangan yang mengakibatkan kecemasan, depresi, rasa malu atau rasa salah.

Ada juga faktor sosial-budaya. Seperti kestabilan keluarga, pola mengasuh anak, tingkat ekonomi, perumahan (perkotaan lawan pedesaan), masalah kelompok minoritas yang meliputi prasangka dan fasilitas kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan yang tidak memadai.

Terpisah, Psikolog Felicia Semet yang juga Penanggung Jawab Psyche Indonesia Sulut menjelaskan, kecemasan adalah kondisi kejiwaan yang penuh dengan kekhawatiran dan ketakutan akan apa yang mungkin terjadi. Baik itu berkaitan dengan permasalahan yang terbatas maupun hal-hal yang aneh. Lanjutnya, deskripsi umum kecemasan, yaitu perasaan tertekan dan tidak tenang. Serta berpikiran kacau dengan disertai banyak penyesalan.

Hal ini sangat berpengaruh pada tubuh. Sehingga tubuh dirasa menggigil, menimbulkan banyak keringat, jantung berdegup cepat, lambung terasa mual, tubuh terasa lemas, kemampuan berproduktivitas berkurang, hingga banyak manusia yang melarikan diri ke alam imajinasi sebagai bentuk terapi sementara. Dikatakannya, ada empat tingkat kecemasan (lihat grafis, red).

Ketergantungan orang terhadap obat-obatan untuk mengatasi kecemasan, menjadi target para gembong obat-obatan terlarang. Dan menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulut, Sulawesi Utara kini menjadi sasaran empuk para gembong barang gelap tersebut.

Di Nyiur Melambai sendiri ada 1.030 orang yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Ini sesuai data BNN Sulut selang tiga tahun terakhir. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulut Brigjen Pol Charles Ngili mengatakan, jumlah pecandu di Sulut pada Januari-Juni 2017 berjumlah 257 orang. Dan sudah direhabilitasi.

Namun, kata Ngili, angka yang disebutkan tersebut tak dapat dipungkiri masih berpotensi meningkat. Mulai 2015, BNNP berhasil merehabilitasi 734 orang pengguna. Dari rehabilitasi tersebut, terdiri dari 695 orang yang rawat jalan dan 39 orang yang rawat inap.

Sedangkan untuk 2016, lanjut Ngili, BNN Sulut berhasil mengungkap 158 kasus.

Terpisah, untuk data BNN Manado, selang tiga tahun terakhir, pelajar mendominasi pasien penyalahguna. Untuk 2015 sebanyak 140 pelajar; 2016 sebanyak 32 pelajar; sedangkan tahun ini sudah mencapai 61 pelajar.

Kepala BNN Manado AKBP Eliasar Sopacoly menjelaskan, klien yang datang ke klinik BNN Manado selama ini tingkat ketergantungannya bervariasi. Mulai ringan, sedang, sampai berat. Bahkan ada yang sudah menjurus pada gangguan jiwa. “Jika ada klien yang sudah mengalami gangguan jiwa, biasanya akan dirujuk ke RSJ Ratumbuysang Manado,” lanjutnya.

Klinik Pratama BNN, kata Sopacoly, hanya memberikan pelayanan rawat jalan bagi pecandu narkoba dengan tingkat ketergantungan ringan sampai sedang. “Sedangkan untuk pecandu narkoba dengan tingkat ketergantungan berat dan membutuhkan rehabilitasi rawat inap, akan dirujuk ke lembaga rehabilitasi rawat inap yang telah ditunjuk pemerintah,” kuncinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut dr Debie Kalalo menekankan, misi pembangunan kesehatan jiwa bakal terwujud dengan mendorong kemandirian dan kemitraan masyarakat. Akan terwujud jika ada pengetahuan tentang kesehatan jiwa, cara pencegahan, serta pengobatan.

Lanjut Kalalo, pihaknya dalam pelayanan kesehatan jiwa juga memperhatikan kelompok risiko tinggi. Yaitu masalah anak, remaja, gangguan penggunaan Napza, usia dewasa dengan stres kerja, dan masalah psikogeriatri.

Termasuk kelompok khusus yang membutuhkan pelayanan kesehatan jiwa. Seperti anak jalanan, narapidana, korban kekerasan kelompok minoritas, perdagangan manusia, dan orang dengan HIV-AIDS.(tim mp)

Komentar
  • MyPassion

    rahul
    24 Sep 2017 23:05

    Once after a time in Mumbai on just what happy dipawali to her, Prachi Desai from the movie. http://www.happydiwali2016bestwishes.in/2016/09/happy-diwali-wishes-2016-diwali-wishes.html
  • MyPassion

    rahul
    24 Sep 2017 23:04

    Once after a time in Mumbai on just what Diwali implies to her, Prachi Desai from the movie. http://www.happydiwali2016bestwishes.in/2016/09/happy-diwali-wishes-2016-diwali-wishes.html
  • MyPassion

    RAHU dev
    08 Sep 2017 18:54

    No should download or doing any type of complicated points, our free robux hack is extremely simple to make use of. http://freerobuxgenerator.net
Kirim Komentar