02 Agu 2017 13:40

Ribuan Turis Bakal Banjiri Festival Danau Tondano

MyPassion
Robby Dondokambey

TONDANO—Festival Danau Tondano 2017, Sabtu (5/8) nanti di Taman God Bless Minahasa (GBM), bakal dirangkaikan pelaksanaan Tondano Lake Marathon.

Festival ini diperkirakan bakal menyedot ribuan turis. Dan panitia sudah mengantisipasi dengan menyiapkan bus untuk menjemput para turis dari hotel-hotel yang tersebar di Manado. Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Robby Dondokambey kepada koran ini, Selasa (1/8) kemarin.

“Kegiatan akan dipusatkan di Taman GBM. Rencananya akan dibuka Pak Gubernur usai beliau melepas peserta Tondano Lake Marathon,” terang Dondokambey.

Direktur PDAM Minahasa ini mengatakan, perhelatan iven besar tersebut diperkirakan akan menarik ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara. “Kita sudah kondisikan. Akan ada turis-turis Tiongkok yang bakal hadir. Kami sudah menyiapkan bus-bus untuk menjemput mereka di hotel-hotel yang mereka tempati di Manado,” katanya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Dondokambey, akan dimeriahkan peragaan potensi kebudayaan dan kesenian Minahasa.

“Ada juga pameran kuliner khas Danau Tondano seperti mujair, nike, payangka dan lainnya,” ujar Dondokambey.

Selain kuliner Danau Tondano, tambah Dondokambey, dalam festival kuliner juga akan dihidangkan makanan ekstrim. “Kita tahu, di Minahasa juga terkenal dengan masakan ekstrim. Karenanya, kita juga akan mendirikan stan khusus untuk makanan ekstrim,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Agustifo Tumundo menuturkan, Pemkab Minahasa akan menyupport kegiatan yang diprakarsai Pemprov Sulut itu. “Kegiatan ini adalah milik Pemprov Sulut. Karenanya, Pemkab Minahasa akan mendukung dengan mempersiapkan lokasi Taman GBM dan keperluan lainnya,” ucap Tumundo.

Selain itu, Disparbud Minahasa juga akan menampilkan sejumlah pentas seni dalam pawai. “Diisi oleh pemenang lomba-lomba kesenian saat Festival Bukit Kasih beberapa waktu lalu,” pungkas Tumundo.(fgn/har)

Kirim Komentar