27 Jul 2017 13:47

Sambungan Air Gratis Jangkau 1.023 Rumah

MyPassion
Samuel Gosal

TOMOHON—Program bantuan hibah air akan diberikan kepada warga Kota Tomohon. Hal ini diungkapkan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Semuel Gosal, Rabu (26/7), kemarin. “Sekarang kami ada proyek hibah air minum secara nasional untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Itu yang sudah diterima dari kementrian PUPR dari jatah 1.050, diterima 1.023. Itu yang sementara kami kerjakan sekarang.  Datanya sudah dimasukan dari tahun lalu. Jadi sudah ada,” beber Gosal.

Latar belakangnya, ungkapnya, berdasarkan program Presiden Jokowi untuk air bersih dan sanitasi. Nantinya, yang bisa masyarakat nikmati yaitu adanya sambungan rumah gratis. Karena kalau pemasangan normal, akan membayar Rp 975 ribu. "Untuk tahun depan juga direncanakan sambungan murah. Bukan lagi sambungan gratis. Biayanya Rp 200 ribu,” jelas Gosal. (ctr-25)

Sekkot Tomohon Ir Harold Lolowang menegaskan, tidak ada biaya apapun saat pemasangan sambungan meter ini
“Selaku pemerintah kami mengharapkan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah agar mendukung program ini karena bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” harap Lolowang.

“Kegiatan ini juga menunjang program pemerintah 100 0 100, yaitu 100% Keterjangkauan Air Bersih, 0% Pemukiman Kumuh dan 100% Sanitasi yang bagus,” urainya.

Ditambahkannya, pelayanan air bersih di Kota Tomohon baru mencapai 23% dari 21.000 rumah yang ada dan baru 4.600 rumah terlayani. "Apabila sukses terpasang selanjutnya pemerintah pusat akan menambahkan bantuan sambungan air minum lebih banyak dari bantuan yang diterima Kota Tomohon di tahun ini," kuncinya. (ctr-25/vip)

Kirim Komentar