25 Jul 2017 13:58
Bunga Krisan Jadi Idola

Hanya Tomohon Punya Perda Bunga

MyPassion
KELAS NASIONAL: Wali Kota Tomohon Jimmy Eman membawakan materi, pencapaian Pengembangan Florikultura Kota Tomohon, saat Dialog Kebangkitan Florikultura Indonesia 2017, Senin (24/7), kemarin.

TOMOHON- Kota Tomohon disanjung saat Dialog Kebangkitan Florikultura Indonesia 2017, Senin (24/7), kemarin. Dialog ini digelar Kemenko Bidang Perekonomian bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, IPB Bogor, dan Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo). Tepatnya, di Gedung Ali Wardhana, Kantor Kemenko Bidang Perekonomian.

“Kelebihan Kota Tomohon, yaitu adanya keberpihakan menopang pengembangan florikultura melalui peraturan daerah. Di Indonesia, baru Kota Tomohon mempunyai Perda kota bunga,” beber Peneliti Prof Dr Budi Marwoto.  “Harapan kami dapat dipertahankan bahkan dikembangkan,” tambahnya.

Pujian pun bermunculan dari Pemkot Makassar untuk Kota Tomohon, yang mengembangkan varietas Krisan Kulo dan Riri. Sebab, memiliki keunggulan dibandingkan Krisan di Makasaar maupun daerah lain di Indonesia. Tak ketinggalan, daerah Sukabumi, Bogor, dan Pemalang, yang punya kerinduan untuk belajar banyak tentang pengembangan florikultura di Kota Bunga.

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman sendiri mendapat kepercayaan menjadi salah satu narasumber dalam dialog tersebut. Membawakan materi, pencapaian Pengembangan Florikultura Kota Tomohon. “Kota Tomohon mengembangkan varietas bunga unggul. Seperti ditemukannya varietas baru Bunga Krisan. Yaitu, Krisan Riri dan Krisan Kulo.

Memiliki ukuran bunga yang besar dibandingkan biasanya, yang varietasnya belum ditemukan atau dikembangkan di daerah lain,” beber Eman.

Diungkapkannya pula, pengelolaan show window sebagai tempat belajar, pembibitan, hingga wisata. "Sejak awal, Pemkot Tomohon telah berkomitmen untuk mengembangkan bunga. Dibuktikan adanya Perda Kota Bunga, dan belum dapat dilakukan daerah lain di Indonesia,” jelasnya.

Kenapa bunga?. Karena melihat potensi yang ada, maka pengembangan florikultura di Kota Tomohon diharapkan dapat menjadi pengungkit sektor lainnya untuk berkembang. “Dapat memberikan multiplier effect bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon,” kuncinya. (vip)

Kirim Komentar