21 Jul 2017 09:29
Wisman Incar Objek Wisata Laut

Hebat!!Tiongkok-Manado 19 Flight per Minggu

MyPassion

MANADO—Memasuki high season pada Juli-September nanti, kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) dari Tiongkok dipastikan meningkat. Direktur Operasional MM Travel Ricky Budiharto melalui Tur Operator Ivan Rantung menerangkan, pada musim ini charter flight bisa mencapai 19 flight per minggu dari Tiongkok ke Manado. Dan tingkat keterisian seat pesawat 200-212 penumpang.

Ditunjang periode high season ini, Rantung optimis dapat mencapai target 130.000 Wisman Tiongkok hingga Desember 2017 nanti. Sejak 1 Juli 2016-20 Juli 2017 ini, sudah ada 47.794 Wisman Tiongkok yang berkunjung ke Sulut.

Bila menginventarisir keinginan tiap wisman, sebut Rantung, mereka umumnya lebih memilih melancong ke objek wisata pantai atau snorkling di Taman Laut Bunaken. “Kalau objek wisata pegunungan di Tiongkok justru jauh lebih bagus. Karena itu, tiap kali satu rombongan datang, pasti schedule pertamanya ke Bunaken,” kata Rantung.

Sebelumnya, sambung Rantung, pada periode April-Juni justru low season. Hanya maksimum 13 flight per minggu. “Kami menyesuaikan agen tur di Tiongkok. Kami di sini meng-handle akomodasi,” tambahnya.

Tak heran, bila awal Juli lalu, Lion Air menambah tiga rute ke Tiongkok. Masing-masing, Changsa, Shenzhen, dan Shanghai. Melengkapi rute Guangzhou yang rutin saat ini.

General Manager Lion Air Manado Irwan Arland menerangkan, Lion Air bakal mengangkut wisatawan mancanegara (Wisman) sampai 12 kali. Dengan pesawat bertipe besar, mampu menampung sekira 1.200 Wisman.

Dikatakannya, untuk Manado-Changsa dijadwalkan tiga kali seminggu. Manado-Shenzen empat kali seminggu, dan Manado-Shanghai tiga kali seminggu. Ditambah Guangzhou yang tetap jalan.

Dirinya menyatakan, Lion Air siap memfasilitasi penerbangan tiap ada permintaan. Namun, besar kecilnya permintaan sepenuhnya berada di tangan agen travel di Tiongkok.

“Jadi tergantung rekanan kru operator yaitu MM Travel. Ada agency juga di sana (Tiongkok). Kalau sewaktu-waktu mereka request penerbangan, kami siap buka rutenya. Pasti ada hitung-hitungan bisnisnya. Mudah-mudahan target dua juta penumpang bisa tercapai. Di sisi lain, kontribusi kami juga meningkatkan perekonomian Sulut lewat pariwisata,” tuturnya.

12
Kirim Komentar