19 Jul 2017 06:49

Apple Rilis Emoji Baru, Ada Perempuan Berhijab

MyPassion
Beberapa emoji baru Apple / Apple

WORLD Emoji Day jatuh pada Senin (17/7). Bersamaan dengan itu, Apple memamerkan sejumlah emoji baru yang diadaptasi dari Unicode Consortium. Total, ada 69 emoji baru yang diloloskan konsorsium nonprofit tersebut. Tapi, Apple hanya memamerkan belasan. Salah satunya adalah emoji perempuan berhijab.

”Sejumlah emoji baru itu akan membuat para pengguna internet lebih mudah mengekspresikan diri mereka yang beragam. Ada lebih banyak jenis emoji. Binatang-binatang dan makhluk-makhluk baru serta ekspresi smiley yang juga baru.” Demikian keterangan resmi Apple tentang sejumlah emoji baru tersebut. Senin, Apple memamerkan lebih dari 12 emoji kepada publik lewat situsnya.

Selain gambar perempuan berkulit gelap yang memakai hijab berwarna ungu, ada emoji yang juga bertema perempuan. Yakni emoji ibu menyusui. Apple menyatakan bahwa sejumlah emoji anyar yang dipamerkan lewat situs resminya itu belum akan dirilis secara resmi. Rencananya, emoji tersebut menyemarakkan percakapan maya pada akhir tahun.

Nanti emoji yang lebih bervariasi dan berwarna itu bisa digunakan pada iOS, macOS, dan watchOS. Melalui situsnya, Apple mempersilakan pengguna internet untuk mengunduh emoji yang dipamerkan Senin. Gambar perempuan berhijab dan ibu menyusui itu bisa diunduh bersama emoji buah kelapa, sandwich, pria bermeditasi dalam posisi lotus, pria berjenggot, jin lampu, zombi, T-rex, dan beberapa lainnya.

Emoji perempuan berhijab lahir dari tangan kreatif Rayouf Alhumedhi. Pada September lalu, remaja 15 tahun itu mengajukan proposal kepada Unicode untuk menghadirkan emoji yang mewakili dirinya. Yakni perempuan berhijab. Bocah keturunan Arab Saudi yang tinggal di Jerman tersebut tidak sekadar usul ke Unicode, tapi juga membuat gerakan di dunia maya dengan nama Hijab Emoji Project.

Ketika itu Alhumedhi menyatakan bahwa emoji perempuan berhijab atau berpenutup kepala tidak hanya akan mewakili muslimah. ”Perempuan Yahudi dan sebagian perempuan Kristiani juga memaki kerudung untuk menutupi kepala mereka,” ungkapnya. Harapan itu lantas dikabulkan Unicode. Tahun ini emoji yang mewakili karakter Alhumedhi dan muslimah lain bakal meramaikan dunia maya.

Menurut data yang dicatat Facebook, jumlah emoji yang digunakan dalam percakapan di messenger mencapai 5 juta per hari. Warga negara AS berada di posisi teratas sebagai pengguna emoji terbanyak. Sementara itu, Indonesia berada di urutan keempat. (jpg)

Kirim Komentar