18 Jul 2017 14:43

Boltim Dikepung Longsor, Sejumlah Wilayah Terancam Terisolasi

MyPassion
BAHAYA: Ruas jalan Kotabunan Tutuyan yang ditutupi batuan longsoran tebing.

TUTUYAN—Wilayah Boltim sepertinya sudah menjadi langganan longsor. Pasalnya, belum selesai perbaikan sejumlah titik jalan sentral di Tobongan, Kecamatan Modayang, akibat longsor, kini kembali terjadi. Salah satunya ruas jalan antara Kecamatan Kotabunan dan Tutuyan yang diterjang longsor, Senin (17/7) kemarin.

Menurut Camat Kotabunan Rahman Hulalata, longsor itu terjadi pagi hari kemarin. "Longsoran batu pada tebing di samping jalan menutupi badan jalan. Kami langsung menghubungi Dinas Penanggulangan Bencana dan Pekerjaan Umum," ungkap Rahman.

Dia mengaku, arus lalulintas jalan sempat macet untuk beberapa jam. "Dengan bantuan warga dan alat berat, ruas jalan sudah terbuka di siang hari," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim Elvis Siagian mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi ada jalan tertimbun longsor, dia langsung berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk menurunkan alat berat. "Langsung menuju ke lapangan untuk membuka akses jalan. Karena itu jalan utama," tambahnya.

Siagian yang juga merangkap sebagai Kabag Pembangunan ini menambahkan, telah memberikan peringatan kepada masyakat yang akan melalui jalan tersebut. "Menjaga saja, jangan sampai ada longsor susuluan. Karena struktur tanah di situ berbatu dan tebing. Jadi rawan terjadi kembali longsor," ungkap Siagian.

Selain itu, informasi dirangkum koran ini, sejumlah longsor juga terjadi di Tobongon dan Badaro, Kecamatan Modayag. Longsor mengakibatkan akses menuju Kotamobagu dari Kecamatan Nuangan putus dan masih dalam pembukaan akses jalan alternatif.

Sementara itu, Jalan Nasional Buyat-Molobog-Onggunai terdapat tiga lokasi longsor besar. Bahkan dua lokasi antara Togid Dodap nyaris putus dan mengakibatkan antrian panjang kendaraan yang memaksakan untuk tetap lewat. (ctr-03/can)

Kirim Komentar