13 Jul 2017 09:50

Tumpas ISIS, Australia-Filipina Bentengi Manado

MyPassion
Ilustrasi

SULUT dibentengi negara tetangga untuk memerangi ISIS. Sebut saja Australia, Filipina hingga Malaysia. Ya, Kota Manado dipastikan akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan internasional terkait ISIS. Menteri koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut pertemuan itu melibatkan sejumlah negara tetangga.

 

Karenanya, menghadapi berkembangnya basis ISIS di Marawi, Filipina Selatan, Indonesia akan memprakarsai kerjasama negara-negara sekitar Laut Sulu untuk membantu Filipina melakukan aktivitas menetralisir munculnya atau berkembangnya basis ISIS. “Pertemuan itu akan dilangsungkan di Manado pada akhir bulan ini. Pertemuan itu merupakan lanjutan dari pertemuan di Bali tahun lalu," beber Wiranto di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (12/7).

Dipaparkannya, pada 29 Juli Indonesia, host di Manado, co host-nya Australia, kemudian Selandia Baru, Malaysia, Filipina, duduk bersama-sama melakukan satu perbincangan atau pertemuan internasional. Yakni, saling membantu untuk bisa menetralisir kemungkinan munculnya basis ISIS di Asia tenggara. “Kegiatannya seperti biasa, perbincangan tapi yang pasti ada kelanjutan dari pertemuan internasional di Bali yang digagas tahun yang lalu," urainya.

Ditambahkannya, dirinya telah menghadiri beberapa pertemuan internasional. Negara-negara lain sepakat masalah terorisme harus ditangani bersama. “Kita sepakat melawan terorisme yang aksinya no borders, tidak pandang batas wilayah, dan aksinya sungguh sangat merugikan manusia baik nyawa maupun materi," pungkasnya. (berbagai sumber/vip)

Komentar
Kirim Komentar