12 Jul 2017 12:40

Harga Ikan Melonjak, Pedagang: Lagi Bulan Terang

MyPassion
MELONJAK: Warga mengeluh, harga ikan di Pasar Likupang semakin mahal, Selasa (11/7) kemarin. Foto: Dewi Muntia/MP

LIKUPANG – Meski berada di pesisir pantai, warga Kecamatan Likupang Barat (Likbar) Minahasa Utara (Minut) mengeluhkan harga ikan yang melambung tinggi.

Tambun Lus Kauling mengungkapkan, saat ini harga ikan hampir sejajar dengan harga emas. “Kalau ikan Cakalang tiga ekor Rp 100 ribu. Itu ukuran sedang. Dibilang sedang juga tidak. Bisa dikatakan kecil," kesalnya.

Dikeluhkannya, harga bawang, rica dan tomat (barito) juga sempat melambung tinggi sebelum dan sesudah lebaran. "Tapi saat ini gantian ikan yang harganya sangat mahal," pungkasnya, Selasa (11/7) kemarin.

Tambahnya, kalau dipikir daerah ini dekat laut. Tapi harga ikan mahal. “Kalau ikan mangael lebih mahal lagi. Harganya saat ini Rp 35 ribu sepiring. Itu beratnya hanya satu kg," ujarnya.

Terpisah, Swarni Mahmud Pedagang Likupang Dua mengatakan, memang saat ini ikan lagi mahal. “Itu bukan karena maunya dari penjual, tapi memang saat ini ikan lagi kurang. Jadi mahal. Saat ini lagi bulan terang, ikan sedikit naik di jala atau dapat saat mangael," tuturnya.

Ditambahkannya, memang Likupang dekat pantai, tapi semua memiliki musim. "Kami pun kesulitan untuk menjual ikan. Karena kurang pembeli, dan banyak pembeli yang mengeluh," kuncinya. (ctr-26/ria)

Komentar
Kirim Komentar