08 Jul 2017 14:34

306.700 Bunga, Hiasi TIFF Nanti

MyPassion

TOMOHON—Sebanyak 306.700 bunga (lihat grafis, red) bakal disuguhkan di pagelaran Tomohon International Flower Festival (TIFF)2017 Agustus nanti. Kelompok bunga paling banyak, adalah bunga Krisan dan Aster.

 

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Vonny Pontoh mengungkapkan, masyarakat juga turut andil dalam menyediakan kenbutuhan bunga. Sebelumnya, pemerintah telah memberikan bantuan bibit. Disalurkan ke beberapa kelompok tani. “Semua dalam rangka menyukseskan TIFF. Kemarin telah diberikan 100 ribu bibit kepada 32 kelompok tani bunga krisan,” jelasnya, Jumat (7/7).

Selebihnya, kata Pontoh, kebutuhan bunga merupakan swadaya para petani bunga. “Bantuannya Cuma 100 ribu. Swadaya dari mereka lebih dari bantuan tersebut,” ujar Pontoh.

Sementara itu perwakilan kelompok tani Suka maju mengatakan, semua proses dalam menyediakan kebutuhan bunga di TIFF nanti berjalan baik. Bunga- bunga bakal mekar tepat waktu. Hanya saja, cuaca yang kurang baik, sedikit mengganggu. “Ketersedian bunga aster sedikit terganggu akibat cuaca. Hujan terus sih,” jelasnya.

Senada, James Mogi Kelompok Tani Kreklel mengatakan, berbeda dengan krisan. Aster sagat terpengaruh oleh kondisi cuaca. “Kalau musim hujan, bisa sampai 60 persen hingga 80 persen bunga aster yang tidak mekar pada waktunya. Soalnya jadi terlambat mekarnya,” jelas Mogi. (ctr-25/vip)

Kirim Komentar