19 Jun 2017 09:33

Jika Pembebasan Lahan Lancar, Ring Road III Dibangun Tahun Depan

MyPassion

MANADO — Satu lagi mega proyek yang jadi prioritas Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, Manado Outer Ring Road III atau dikenal MORR III. Akses transportasi ini akan dibangun di sekitar Winangun hingga Malalayang untuk mengurai kemacetan di daerah Bahu sampai Malalayang.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulut Steve Kepel melalui Kepala UPTD Jasa Konstruksi dan Bina Teknis Frans Timah mengatakan, proyek ini rencananya dimulai tahun depan didahului dengan pembebasan lahan.

“Kalau pembebasan lahan kewenangannya ada di Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat. Jika tahapan ini lancar, tahun depan sudah mulai bangun. Pakai APBN. Kalau pembebasan lahan kita pakai APBD. Kalau tidak salah 90 miliar,” beber Timah. Titik 0 MORR III, lanjutnya, ada di ruas jalan setelah Boboca, Malalayang.

“MORR III ini akan tersambung dengan ring road di Citraland, dengan melewati beberapa titik. Seperti ruas jalan Manado-Tomohon, Malalayang Sea, Manado-Tanawangko. Memang ada beberapa daerah yang akan dilewati. Tapi pembebasan lahannya ditanggung APBD provinsi,” paparnya. MORR III rencananya akan dibangun sepanjang lebih dari 10 Km dengan kebutuhan lahan 64,68 hektar.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi III Amir Liputo mengatakan, berkaca dari proyek-proyek sebelumnya, pembebasan lahan adalah tahap tersulit dalam pembangunan.

“Instansi terkait harus fokus pada pembebasan lahan. Karena ada banyak pihak yang terlibat di situ. Bukan hanya Dinas PUPR sebagai penentu lokasi, dan Dinas Pemukiman yang eksekusi. Tapi pun ada BPN dan masyarakat serta pemerintah daerah terkait. Banyak aduan yang masuk ke DPRD mengenai pembebasan lahan. Ini harus diantisipasi jika ingin proyek ini segera running,”  pinta Liputo.

Dia melanjutkan, dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kelancaran pembangunan MORR III. “Karena kalau sudah terealisasi, masyarakat juga yang akan menikmati. Macet di jalur Malalayang-Bahu akan terurai,” tandas Liputo.(gel)

Kirim Komentar