19 Jun 2017 09:19
Dari Pengukuhan Pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua

Diwarnai Upacara Adat, Libatkan Sembilan Pakasaan

MyPassion
PROSESI ADAT: Ronny Sompie saat dilantik melalui prosesi adat yang dipimpin Ketua Presidium Majelis Adat Minahasa (MAM) dr Bert Adriaan Supit, disaksikan Gubernur Olly Dondokambey. Foto: Rangga Mangowal/MP

Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK). Berlangsung meriah. Ribuan Kawanua dari Jabodetabek, Manado bahkan dari seluruh Indonesia memadati gedung Britama Arena Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (17/6).

Laporan: Rangga Mangowal

SETELAH sebelumnya KKK terpecah menjadi dua kubuh. Akhirnya setelah rekonsiliasi, KKK bersatu kembali merangkul Kawanua. Terpilihnya Ronny Sompie sebagai Ketua Umum dan Angelica Tengker Ketua Harian makin mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan KKK. Sehingga dipercaya dapat menjalankan tugas tanggung jawab dengan baik.

Acara dimulai sekira pukul 15.00 WIB. Diawali ibadah kemudian dilanjutkan pengukuhan Ketua Umum KKK Ronny Sompie melalui upacara adat. Majelis Adat Minahasa dari sembilan Pakasaan, yakni Tonsea, Toulour, Tombulu, Tountemboan, Tonsawang, Pasan Ponosakan, Bantik dan Borgo Bawontehu, terlibat.

Gubernur Sulut Sulut Olly Dondokambey turut hadir, didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan. Dalam sambutannya, Olly mengapresiasi rekonsiliasi ini. “Saya berharap, KKK di bawah kepemimpinan yang baru dapat terlibat aktif dalam pembangunan di Sulut. Juga sebagai Tou Kawanua, harus menanamkan semangat sehati dan sepikir. Saling menghidupi satu dengan lain berlandaskan semboyan hidup orang Sulut. Yaitu Si Tou Timou Timou Tou,” tandas Olly.

Ditjen Otonomi Daerah Soni Sumarsono juga hadir dalam acara tersebut mewakili Kementerian Dalam Negeri. Dirinya menyampaikan ucapan bangga serta terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Sulut karena selalu diperlakukan sangat baik selama bertugas dulu.

"Di Sulut saya banyak belajar. Keberagamannya, kebersamaannya, serta kekeluargaan sangat kental dan kuat. Toleransi Sulut sangat kokoh. Sehingga Sulut menjadi daerah dengan tingkat toleransi tertinggi di Indonesia. Sulut sangat berkesan. Bisa dikatakan separuh jiwa saya sudah ada di Kawanua. Saya bersyukur Kawanua bersatu dan saya bangga menjadi bagian di dalamnya," ungkap Sumarsono.

Ketua Umum KKK Ronny Sompie menyatakan rasa terima kasih serta berjanji akan bertanggung jawab memimpin KKK. "Saya yakin tugas dan tanggungjawab serta kerja bersama yang menjadi ciri khas Minahasa yaitu Mapalus, dapat diterapkan dalam menjalankan tugas. Lewat itu, kita semua bahu membahu membangun Sulut serta Indonesia. Kita juga saling menguatkan,” tutur Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM ini.

Sompie melanjutkan, melalui upacara adat yang telah dilaksanakan tersebut, sebagai dewan pengurus bisa berfungsi dengan baik dan dapat mengemban tugas dengan penuh semangat. “Terima kasih juga buat panitia yang telah bekerja menyelenggarakan acara sehingga bisa semeriah ini. Sungguh luar biasa. Terima kasih atas dukungan dan doa restunya dari semua Kawanua sehingga visi bersama KKK, yaitu mewujudkan Kawanua Sehati Sepikir dalam Menjaga NKRI dapat terwujud kedepannya," pungkas Sompie.

Acara berlangsung meriah dengan persembahan tarian dan nyanyian adat Minahasa hingga akhir acara. Dalam acara tersebut sejumlah tokoh nasional tampak hadir. Antara lain mantan Gubernur SH Sarundajang, Theo Sambuaga, Ventje Rumangkang, serta Lucky Korah.(***)

Kirim Komentar