14 Jun 2017 14:46

Waspada!!Bencana Masih Mengintai

MyPassion

MANADOPOST— Bencana longsor dan banjir melanda beberapa desa di Minahasa Tenggara, Minggu (13/6) lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra terus mendata warga yang menjadi korban bencana. "Sementara yang terdata 47 KK. Rumahnya terkena bencana. Baik banjir ataupun tanah longsor," sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Ferry Uway.

 

Lanjut Uway, data tersebut masih berpotensi bertambah. "Jadi kami akan terus mendata keluarga-keluarga yang menjadi korban," bebernya. Saat ini, Uway mengatakan, telah menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pemerintah mengimbau masyarakat tetap waspada. "Apalagi kalau saat cuaca buruk. Bencana masih mengintai sejumlah titik rawan," sebut Uway. Saat ini, berdasarkan instruksi Bupati James Sumendap, BPBD telah mendirikan posko darurat bencana. Uway pun sudah memerintahkan anak buahnya terus memantau di lokasi-lokasi rawan bencana.

"Jadi sudah ada anggota BPBD siap mengantisipasi jika terjadi bencana susulan. Baik itu longsor ataupun banjir. Jadi masyarakat harus tetap berhati-hati," tegasnya. Apalagi lanjut Uway, kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini. "Kan bencana tak dapat diprediksi kapan akan terjadi," sambungnya.

Sebelumnya Bupati James Sumendap sudah menginstruksikan jajarannya untuk memberi perhatian pada lokasi-lokasi rawan bencana. “Data mana daerah rawan bencana. Lakukan langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir korban dan kerugian. Memang tak ada yang bisa mengetahui kapan bencana datang. Jadi harus senantiasa waspada,” ujar Sumendap.

Dia juga mengimbau masyarakat memperhatikan lingkungan sekitar. “Jika hujan deras sudah turun dan berpotensi bencana cepat mengungsi. Pemerintah setempat harus makin waspada,” pungkas Sumendap.(ctr-22/gel)

Kirim Komentar