14 Jun 2017 11:08

Manado Bertambah 14 Kelurahan dan Satu Kecamatan

MyPassion
BAHAS: Pansus Ranperda Pemekaran dan Penggabungan Wilayah membahas bersama Pemkot Manado di ruangan DPRD Manado, kemarin. Foto : Jovan Rakian/MP

MANADO — 14 Kelurahan akan dimekarkan. Satu kelurahan dimekarkan menjadi dua. Artinya, Kota Manado bakal ketambahan 14 Kelurahan dan satu Kecamatan baru. Asisten I Micler Lakat menuturkan, pemekaran dan penggabungan wilayah Kelurahan sudah selesai dibahas bersama Pansus Ranperda. “Pembahasan sudah selesai. Terakhir dibahas pasal per pasal dan tapal batas wilayah,” tutur Lakat usai pembahasan di Kantor DPRD, Selasa (13/6) kemarin.

Lanjut Lakat, penetapan pemekaran wilayah sebelum HUT Kota Manado. “Diusahakan. Kalau pansus cepat diparipurnakan, ya berarti sebelum HUT Manado,” tandanya.

Selain pemekaran ada penggabungan wilayah. Tiga kelurahan di Griya Paniki akan digabung. Paniki Bawah, Buha, dan Kima Atas. “Setelah dimekarkan, dari sebagian wilayah Buha masuk menjadi satu kelurahan dengan Paniki Bawah. Karena luas wilayahnya besar dan penduduknya padat,” jelasnya.

Dalam pembahasan tersebut, dari 14 lurah yang diundang, hanya delapan lurah yang menghadiri. Terkait hal ini, Lakat sedikit memberi alasan kepada wartawan Manado Post. “Ada semua. Lurah Bunaken memang tidak ada tapi dia tidak perlu datang karena batas wilayah sudah jelas dan datanya sudah masuk. Baik jumlah penduduk, luas wilayah, berapa KK, dan lain-lain. Jadi, satu kelurahan dengan Pulau Siladen,” pungkasnya.

Lakat ditemani  Kabag Hukum Paskah Yanti Putri. Tampak hadir Ketua DPRD Noortje Van Bone, Sekretaris Komisi D Sony Lela, dan anggota Komisi A Marko Tampi.(tr-02/gel)

Kirim Komentar