03 Jun 2017 09:44

Wilayah Pesisir Rawan Disusupi Teroris

MyPassion
SIAGA: Petugas semakin gencar menyasar masyarakat pesisir, terutama para nelayan untuk menyosialisasikan bahaya terorisme.

MANADO - Dua daerah kabupaten kepulauan di Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Filipina, yaitu Sangihe dan Talaud, mendapat atensi pengamanan ekstra dari Polda Sulut.

Hal tersebut terkait dengan gejolak yang terjadi di Kota Marawi, Filipina, dimana terjadi kontak senjata antara pasukan pemerintah dengan kelompok teroris.

Guna mencegah larinya kelompok tersebut ke Sangihe dan Talaud. Peningkatan patroli pengamanan perbatasanpun ditingkatkan oleh jajaran Polres yang ada di Sangihe dan Talaud, yang dibantu pasukan Polda Sulut dan TNI.

Di Kecamatan Tamako misalnya. Menurut Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo, jajaran Polsek Tamako terus melakukan patroli dan monitoring situasi di wilayah perairan hingga ke Pulau Mahumu.

“Kegiatan yang kami lakukan yaitu memberikan imbauan dan pengertian kepada para nelayan tentang kondisi yang ada saat ini,” sebut Tompo, kemarin.

Dirinya pun menyampaikan, jika ada kapal atau perahu yang mencurigakan yang masuk, agar segera laporkan ke pihak berwajib “Ini kita lakukan dalam rangka antisipasi masuknya jaringan dan pelaku teroris pasca operasi militer di Filipina,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat tidak merasa takut dan dapat berperan aktif membantu pihak kepolisian dalam hal pemberian informasi.

Pengamaan juga dilakukan di daerah pesisir seperti yang ada di Polsek Tahuna. Kapolsek AKP Kasombang, juga melaksanakan patroli di beberapa wilayah hukumnya, yaitu Kelurahan Batulewehe, Kelurahan Enengpahembang dan Kelurahan Lesa Kecamatan Tahuna Timur. “Silahkan berikan informasi kepada aparat apabila ada hal-hal yang mencurigakan di sekitar lingkungannya,” kata Kapolsek.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari warga yang ingin lingkungannya aman dan damai. “Kami minta juga pihak kepolisian dapat menyurat terkait situasi saat ini, untuk dibacakan di tempat-tempat ibadah, agar bisa diketahui oleh seluruh masyarakat,” ujar Ferry Makapuas yang menjabat sebagai Ketua LPM Kelurahan Batulewehe.

Kegiatan yang sama juga dilakukan anggota Polsek Tabukan Selatan terhadap warga Kampung Lesabe, Kampung Batuwingkung dan Kampung Palareng.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang sebagian besar adalah nelayan untuk berhati hati dalam melaut, dan bantu aparat melakukan pengawasan terhadap para pendatang atau orang yang belum dikenal,” tandasnya.(ctr-17/ite)

Kirim Komentar