20 Mei 2017 09:55

Rotasi Kepsek Akhir Mei

MyPassion
Ilustrasi

KOTAMOBAGU—Rotasi jabatan kepala sekolah (kepsek) jenjang SMA/SMK, dipastikan akhir Mei mendatang. Ini diungkapkan pihak Cabang Dinas (Cabdin) UPTD Pendidikan Daerah Bosel, Boltim dan Kotamobagu, melalui Kepala Seksi Dikmen SMA/SMK Doni Akbar Mokodongan.

 

“Rolling kepsek merupakan tindak lanjut dari UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengamanatkan kewenangan SMA, SMK di bawah pengelolaan dan naungan pemerintah provinsi,” ungkapnya. “Rencananya dua pekan lagi akan digelar pergantian kepsek. Informasi pak gubernur yang melantik langsung, karena jabatan kepsek setara dengan pejabat eselon III,” jelasnya.

Lanjutnya, kebanyakan para kepsek sudah di atas tiga tahun menjabat dan masih memakai SK bupati maupun wali kota. “Nantinya akan dilakukan perubahan-perubahan SK,” sebutnya lagi. Sebanyak 213 kepsek se-Sulut termasuk Bolaang Mongondow Raya (BMR), hampir dipastikan akan dirolling.

Mutasi tersebut mengacu terhadap penilaian, serta kepsek yang bermasalah atau melakukan pelanggaran. “Setidaknya ada tujuh kepsek yang akan diganti.  Yakni empat kepsek dari Kotamobagu, dua dari Boltim dan satu di Bolsel. Sementara yang lain tetap menjabat, tetapi bukan lagi di sekolah asalnya,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, menurutnya memang harus dilakukan penyegaran bagi jabatan kepsek. “Hal ini dilakukan, untuk merubah kejenuhan yang sudah menjabat sampai empat tahun bahkan lebih,” pungkasnya.(yan/gnr)

Komentar
Kirim Komentar