20 Mei 2017 09:52
Harus Kreatif, Kelola BU

Landjar : Pemuda Manfaatkan Dandes

MyPassion
Sehan Landjar

TUTUYAN—Pemuda Boltim harus memanfaatkan dana desa (dandes). Hal ini diungkapkan Bupati Kabupaten Boltim  Sehan Landjar.

Menurut pria yang akrab dipanggil Eyang, saat ini setiap desa di Kabupaten Boltim menerima anggaran di atas satu miliar. "Pemuda di Boltim harus mampu memanfaatkan ini. Jangan hanya selalu dengan proposal kepada saya. Giatkan rasa kreatif, dan komunikasikan dengan pemerintah desa," ungkap Eyang.

Eyang juga mengingatkan, agar pemerintah desa juga menganggarkan pembiayaan bagi kegiatan pemuda desa. "Setiap sangadi mengelolah dana satu miliar. Baik dana desa (dandes) dan alokasi dandes. Sangadi harus mampu memberikan pos anggaran untuk pemuda," ujar Eyang.


Diungkapkan Ketua DPW PAN Sulut ini, pemuda bisa membentuk Badan Usaha (BU), yang nantinya sumber modal dari dandes. "Pemuda juga harus mampu berpikir bagaimana mengelolah bantuan. Karena bantuan ini fungsinya untuk meningkatkan kemampuan pemuda. Jangan pemuda terbiasa hanya terima saja. Akan lebih baik jika dikembangkan," jelas Eyang.


Terpisah, Ketua KNPI Boltim Harris Sumanta mengatakan, setuju dengan apa yang disampaikan oleh bupati. "Pada dasarnya, nasihat ini seharusnya mampu diterima oleh pemuda. Kita juga tidak mau melihat pemuda hanya bergantung pada pemerintah kabupaten jika ada kegiatan," ungkap Sumanta.

Ketua ULP ini menambahkan, jika didirikan BU untuk pemuda, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. "Banyak lahan perkebunan, dan peluang usaha kreatif saat ini. Tinggal menunggu pemuda untuk berpikir mau memulai," ujar Sumanta.
Namun, dirinya juga mengharapkan, agar semua sangadi memberikan pos anggaran untuk pemuda kelolah. "Jangan pemuda sudah ingin memulai. Malah sangadi yang tidak memberikan bantuan. Ini pasti akan menimbulkan kekecewaan bagi pemuda," tandas Sumanta.(ctr-03/ite)

Kirim Komentar