18 Mei 2017 07:47

SHS Dianggap Bisa Bubarkan FPI

MyPassion
Sinyo Harry Sarundajang

MANADO—Mantan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), dianggap bisa membubarkan Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Habib Rizieq. Dikarenakan, ia pernah berhasil membubarkan Laskar Jihad, ketika ditugaskan Presiden Megawati Soekarno Putri untuk mengamankan konflik SARA di Maluku dan Maluku Utara. Bahkan pemimpinnya Jafar Umar Talib dan Mohamad Atamimi, sebelumnya musuh, jadi teman.

''Kalau cuman skelas Habib Rizik, bisa ditaklukkan SHS. Jafar Umar Talib saja yang bersama laskar Jihadnya sudah banyak membunuh orang, dengan mudah ditaklukkan SHS. Apalagi hanya Rizik yang cuman bisa pimpin demo," komen beberapa warga Sulut yang meminta namanya tidak dikorankan.

Karena itu mereka mengusulkan, Presiden RI Joko Widodo mengikuti jejak Megawati, yaitu mempercayakan SHS bubarkan FPI. "Pak Sarundajang itu punya jurus bagaimana menyelesaikan persoalan persoalan seperti ini. Termasuk menangani orang-orang yang dianggap berbahaya. Ia tidak melawan atau menentangnya, tapi merangkul. FPI itu besar di Indonesia. Jumlahnya bisa sama banyak penduduk Manado. Tidak bisa kita lawan. Harus dirangkul. Nah, Sarundajang jagonya bagaimana merangkul orang-orang yang membahayakan. Seharusnya Pak Presiden Jokowi bisa pergunakan SHS di pusat," komen beberapa warga di rumah kopi.

SHS sendiri ketika dihubungi Manado Post via ponsel, menyampaikan terima kasih kalau ada penilaian warga seperti itu. "Terima kasih kalau ada warga yang menilai saya demikian. Tapi memang FPI itu kalau tidak diseriusi, bisa membahayakan keutuhan NKRI. Saya pernah menolak mereka di Sulut, itu karena MUI Sulut juga sudah menolak kehadiran mereka. Jadi saya ikut menolak juga," katanya.

Lebih lanjut, SHS angkat bicara terkait situasi bangsa akhir akhir ini termasuk situasi di Sulut. "Saya sangat menyesal. Apalagi sampai ada aksi demo. Seperti yang terjadi di daerah kita beberapa hari lalu. Saya sangat khawatir gejolak yang terjadi di masyarakat. Mudah saja mereka termakan berita bohong atau hoax. Apalagi di media sosial, marak pesan-pesan kebencian. Sebetulnya ini tidak bisa terjadi di Sulut. Saya kenal betul warga Sulut . Mereka pinter-pinter. Selalu berpikir panjang. Atau sumbuh panjang. Selalu pikir dulu sebelum bertindak. Apa dampaknya ke depan. Mereka tidak mudah dihasut, tidak mudah termakan isu, tidak mudah percaya berita hoax. Warga Sulut tahu membedakan mana fakta dan mana hanya kabar bohong. Warga Sulut sangat toleran," puji SHS.

Ia mengakui, memang sejak 10 tahun lalu ketika ia masih gubernur, sentiment-sentimen seperti ini sudah muncul. Ada oknum-oknum yang ingin daerah Nyiur Melambai ini tidak aman. Ada saja oknum-oknum yang terus mencoba memprovokasi warga Sulut. Itu berlanjut sampai sekarang.

Tetapi SHS mengaku percaya, Gubernur Olly Dondokambey (OD) dan Wagub Steven Kandouw (SK), bisa melakukan apa saja. "Saya sangat percaya dan mendukung kepemimpinan Pak Olly dan Pak Steven. Saya teringat saat sebelum kampanye Pilgub Sulut waktu lalu, saya berdiskusi dengan mereka berdua. Dan mereka berjanji akan melakukan lebih baik lagi dari apa yang sudah dilakukan pemerintah sebelumnya. Yaitu membangun daerah dan mensejahterakan rakyatnya. Karena itu saya mau menjadi ketua tim sukses pemenangan Pak Olly dan Pak Steven. Karena itu saya sangat percaya dan mendukung mereka berdua untuk terus memajukan daerah ini," tegas SHS.

SHS mengaku dirinya ingin sekali menghadap langsung Gubernur dan Wagub. Untuk membicarakan hal-hal yang positif buat daerah ini. Tetapi OD-SK belum ada waktu. Untuk menyampaikan juga, agar tegar menghadapi gejolak akhir-akhir ini.

"Apalagi ada rumor, yang mencelakakan kita semua.  Pemimpin harus tegas. Jangan terpengaruh. Jangan telinga tipis.  Hindari isu isu negatif. Apalagi berita-berita untuk mengadu domba. Percayakan saja semuanya kepada TNI/ Polri.   Pasti aman. Kalau ada isu-isu, ada yang mem-backup demo beberapa hari lalu, serahkan saja pada pihak kepolisian untuk mencarinya," ujarnya.

Tetapi kapan saja SHS mengaku akan berusaha bertemu OD-SK untuk mengkaji hal-hal positif bagi daerah ini. Forkopimda harus intens. Jangan curiga mencurigai. Semua harus berpikir positif.

‌"Saya mengimbau masyarakat Sulut terus mendukung OD-SK. Kita jaga toleransi dan kerukunan yang sudah terjalin selama ini. Warga Sulut harus menjadi pelopor persatuan dan kesatuan. Ini warisan nenek moyang dan the founding fathers bangsa ini. Ada warga Minahasa di dalam penyusunan  dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita kenal ada Sam Ratulangi dan AA Maramis. Itu harus kita jaga. Jangan dihancurkan. Orang Minahasa terkenal toleran. Bangsa ini majemuk. Minahasa ada di dalamnya,” pungkasnya. (can)

Komentar
  • MyPassion

    andi
    18 Mei 2017 12:54

    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO >>>>> KLIK DISINI <<<<< angka;GHOIB: singapura angka;GHOIB: hongkong angka;GHOIB; malaysia angka;GHOIB; toto magnum angka”GHOIB; laos… angka”GHOIB; macau angka”GHOIB; sidney angka”GHOIB: vietnam angka”GHOIB: korea angka”GHOIB: brunei angka”GHOIB: china angka”GHOIB: thailand ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D 0823-3744-3355 saya pak alresky posisi sekarang di malaysia bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
Kirim Komentar