18 Mei 2017 11:44

Kini, Ruang Gerak Alat Transportasi Favorit 1980-an Itu Dibatasi

MyPassion
TETAP DICARI: Kendaraan jenis ST12 masih tetap eksis di tengah banyaknya angkutan umum di Manado. Foto: Chintya Rantung/MP

Sekira tahun 1980-an, mobil jenis Suzuki Truntung, atau lebih terkenal dengan sebutan ST20 jadi favorit. Kini populasinya mulai berkurang. Bahkan ruang geraknya dibatasi.

 

Laporan: Chintya Rantung

TERMINAL Karombasan jadi salah satu ‘markas’ jenis mobil ini. Memang di sini berbagai jenis mobil penumpang berkumpul dari sejumlah trayek. Baik dalam kota maupun luar kota. Menelusuri setiap lapangan luas itu yang kini jadi pusat kendaraan umum, ternyata ada transportasi yang sudah beroperasi mulai tahun 1980-an.

Unik dan tetap diminati para penumpang yang tujuannya dalam kota. Walaupun menunggu lama para penumpang yang menaikinya tidak  bosan. “Dari saya masih kecil saya sudah berkeluarga kendaraan ini sudah ada dan saya lebih suka karena bisa  turun di depan rumah dan tidak bising ketika naik kendaraan lainnya,” cerita Riri Roring, warga Winangun.

Hanya bisa menampung enam di bagian belakang dan kedua di bagian depan. Namun sebagian penumpang zaman sekarang, tidak tertarik lagi menggunakan kendaraan yang tetap eksis di tengah perkembangan zaman yang semakin modern.

Tua dan terkesan mulai lesu, namun tetap menikmati profesi sebagai pengemudi Hijet. Itulah yang dihadapi para sopir era 1980-an hingga sekarang ini. Penghasilan yang tidak seberapa. Namun bisa menghidupi keluarga mereka. Seperti yang dirasakan Mikael Smith. Pria berusia senja ini sudah mengemudi ST12 sejak tahun 1980-an. “Kendaraan ini mempunyai banyak cerita,” ungkapnya, tersenyum. Dia berharap transportasi ini tetap terus diizinkan beroperasi. “Walaupun semakin banyak kendaraan yang lebih modern bermunculan di Manado,” tandasnya.(***)

Komentar
  • MyPassion

    flyen
    24 Jun 2017 11:42

    Oakley’s latest release the EVZero does away cheap oakley sunglasses with the frame completely, and is designed for totally unobstructed vision. Claimed to be ‘the lightest oakley replica performance sunglasses in history’, the new EVZero is a redesigned version of the the Sub Zero which was oakley outlet released in the 90’s.
Kirim Komentar