13 Mei 2017 13:45

Fahri Hamzah Bilang Begini di Depan Pejabat Sulut

MyPassion
Wakil Ketua DPR RI berbicara dalam diskusi publik di ruang rapat CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut. Foto: Paul Bawole/MP

MANADO-- Agama adalah hal yang disatukan oleh pendiri bangsa sejak awal kemerdekaan. Karena itu perlu dijaga. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah. Indonesia seharusnya bisa menjadi jawaban konflik yang ada di dunia luar. "Dunia ini tidak stabil. Dan bangsa Indonesia tidak boleh jadi tidak stabil," tegasnya.

Sosial media menjadi pemicu yang jadi ujian bangsa saat ini. Padahal, agama yang punya otoritasnya masing-masing tidak boleh dicampur-adukkan. "Kalau uztad bicara dalam masjid, pendeta bicara di dalam gereja, kan dia bicara tentang wilayah privat. Tapi begitu mulai di upload. Ruang privatnya terbuka," ungkapnya.

Agama yang privat tidak bisa terintervensi atau pun ditekuk oleh negara. Sebab, iman butuh pertanggung jawaban yang sangat privat. "Agama bukan penyebab konflik, politik yang jadi penyebab konflik," katanya. Karena itu, ia berharap Sulawesi Utara yang telah menjadi salah satu ikon kerukunan tetap menjaga kontinuitas yang tepah tercipta. "Semoga Sulut tetap menjadi contoh," pungkasnya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan yang sudah tercipta di Sulut selama ini. "Apa yang sudah Pemprov lakukan sehingga ada bahasa laboratorium kerukunan bukan sekedar dibanggakan saja, tapi harus dijaga terus," imbaunya.

Menurut OD, diskusi publik sangat penting. "Agar tidak ada simpang siur berita yang bisa diviralkan cepat ke seluruh lapisan masyrakat," ungkapnya. Komunikasi secara langsung tak bisa diabaikan. "Tugas kita semua untuk komunikasi secara langsung. Agar tidak ada yang salah tafsir," katanya.(aylen)

Kirim Komentar